Program Kesehatan Gratis KKU


bupati kku berdialog dengan pasien rawan inap di puskesmas sukadana

Di Kayong Utara, kesehatan gratis mencakup semua pelayanan dasar dan rawat inap hingga tingkat rujukan. Pendidikan dan kesehatan cumacuma ini dituangkan dalam peraturan bupati.Kayong Utara menjadi pionir layanan pendidikan dan kesehatan gratis di Kalimantan Barat. Kebijakan tersebut murni dibiayai APBD kabupaten.

Di sektor kesehatan, selain berobat gratis, fasilitas pun ditingkatkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Puskesmas setara dengan rumah sakit tipe C, misalnya, diharuskan beroperasi selama 24 jam sehari. Ada juga kapal motor yang difungsikan sebagai puskesmas keliling untuk warga di kepulauan. Total fasilitas kesehatan sudah mencapai 65 unit dari semula enam saat awal pemekaran. Kerja keras itu menampakkan hasil. Di Kayong Utara, jika pada 2007 angka putus sekolah mencapai 11 ribu, pada 2011 menurun tinggal 7.000 siswa.

DSC_0372

Daya tampung sekolah dari SD hingga SMA, yang semula 19.238 siswa, ditingkatkan menjadi 24 ribu siswa.Angka partisipasi murni di tingkat SMA naik dari 13,77% menjadi 30,15%. “Pemkab sangat inovatif dan kreatif. Mereka berani mengambil risiko dalammembuat keputusan terbaik untuk masyarakat,“ aku Hermawansyah, anggota Dewan Pengurus Gemawan, lembaga advokasi dan pemberdayaan masyarakat di Kalimantan Barat. (N-2) aris@mediaindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: