Pahit Manis Pendidikan Gratis


Bupati Hildi Hamid Bersama Murid-murid SD 04 desa Satai Lestari

Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengalokasikan anggaran sebesar 26 persen dari APBD untuk dunia pendidikan. Total alokasi dana tersebut dipergunakan untuk menggratiskan seluruh biaya sekolah SD, SMP dan SMA, membayar gaji guru honor serta memperbaiki insfrastruktu. “Program pendidikan gratis tersebut sudah dimulai sejak tahun 2009 silam, kita memang habis-habisan pada saat itu, karena APBD KKU hampir semuanya terserap untuk dunia pendidikan,” 

Kayong Utara sebagai Daerah pemekaran baru ini terus bertekad mengawal pendidikan dan kesehatan gratis.Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mewanti-wanti Hildi Hamid dan pasangan nya, Idrus, untuk bekerja keras. Sekalipun Hildi terpilih untuk kedua kalinya memimpin Kabupaten Kayong Utara, perolehan suaranya tidak dominan. “Perolehan yang hanya 41% itu berat. Harus kerja keras untuk meyakinkan masyarakat bahwa Anda yang terbaik, best of the best,” pesan sang gubernur,ketika melantik Hildi-Idrus untuk memimpin Kayong Utara pada periode 2013-2018.

Lima tahun sebelumnya, Hildi yang berpasangan dengan Muhammad Said, dipercaya memimpin setelah memenangi Pemilu Kada 2008. Ketika itu, keduanyameraup suara cukup dominan, 60,31%.

DSC_0404

Hildi mengakui bahwa dukungan terhadap dia dalam Pemilu Kada 28 Maret lalu kurang. “Banyak guru yang marah. Itu makanya dalam pemilu kada kemarin,guru paling hanya 80% mendukung saya. Ndak suka guru sama saya, para medis juga demikian,” ungkapnya.Kayong Utara adalah daerah otonomi baru yang dimekarkan sejak 2007. Setahun kemudian, Hildi terpilih jadi bupati. Lima tahun memimpin, program-program

yang digulirkan Hildi-Said mendapat pengakuan dari Kementerian Dalam Negeri sehingga Kayong Utara dinilai sebagai daerah otonomi baru paling berhasil di Indonesia.Pada priode pertakepemimpinannya, Hildi mengusung pendidikan dan kesehatan gratis. Lima tahun ke depan, ia tetap bertekad akan habis-habisan membangunkedua bidang tersebut.Kayong Utara yang genap berusia enam tahun pada 26 Juni lalu merupakan daerah pemekaran Kabupaten Ketapang. Saat dimekarkan, kondisi wilayah seluas4.568,26 kilometer persegi ini serbaterbelakang dan tertinggal, termasuk kualitas sumber daya manusianya.

Ketika itu, hanya ada sekitar 6% warga tamatan sekolah menengah atas dan sederajat. Pun di sektor kesehatan banyak warga yang belum tersentuh pelayanandasar.Indeks pembangunan manusia (IPM) Kayong Utara pun berada di urutan terakhir dari 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat. Asumsi awal setidaknya membutuhkan waktu 15 tahun bagi daerah ini untuk keluar dari jerat ketertinggalan. Masalah di daerah ini sangat kompleks, mulai persoalan SDM, kualitas hidup hingga minimnya infrastruktur dan pelayanan dasar. dasar, sarana, dan prasarana serta memacu pertumbuhan ekonomi.“Tantangan terberat tetap di peningkatan SDM. Itu sebabnya, saya memprioritaskan pendidikan dan kesehatan gratis,“ ujar Hildi. Pendidikan gratis di Kayong Utara mencakup semua kegiatan operasional sekolah dan kebutuhan pengajaran, termasuk pengadaan buku pelajaran dan pakaian seragam siswa. Kebijakan ini berlaku di sekolah dasar hingga SMA dan sederajat.

Sementara itu, kesehatan gratis mencakup semua pelayanan dasar dan rawat inap hingga tingkat rujukan. Pendidikan dan kesehatan cumacuma ini dituangkan dalam peraturan bupati.Kayong Utara menjadi pionir layanan pendidikan dan kesehatan gratis di Kalimantan Barat. Kebijakan tersebut murni dibiayai APBD kabupaten.Pada 2011, misalnya, pemkab merogoh Rp16,72 miliar untuk menyubsidi pendidikan gratis. Pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan pun dilaksanakanbersamaan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: