Film Semi Dokumenter; MTS Simpang Hilir Its We


mts

NASKAH  DOCUMENTERY MOVIE

The Title With  MTs. Negeri Simpang Hilir It’s we

Oleh: Miftahul Huda & Adi Sugiarto 1nd draft Mei   2 0 0 9 

Konsep Film                                 : Dokumenter Tryler

Tema Film                                    : MTs. Negeri Simpang Hilir

Durasi                                           : Aproximately 15 Minutes

Objek Eks                                      : MTs. Al Kubra (The Old Version), The Man Behind Story,

Syuting F.                                      : Mini DV  (Sony DCR HC 52 )

Lokasi                                            : MTs. Negeri Simpang Hilir

Isi                                                   : Setiap Segment akan di isi narasi kecuali interview dan segment khusus.

Waktu Tayang                              : Pelepasan Siswa Kelas IX MTs. Negeri Simpang Hilir  Tanggal 18 Juni 2009

  1. POV 1 : Sejarah Terbentuknya MTs. Al Kubra
  2. POV 2 : Kegiatan siswa/I guru di MTs
  3. POV 2 : Harapan kedepan dari siswa, guru, dan masyarakat

33333333333333333333333333333

RANCANGAN TAYANGAN :

  1. 15 menit dengan 5 segment dan 1 teaser
  2. Pembagian segment :
  • Teaser : Montage dan narasi di setiap segmennya
  • Segment 1 :  Sejarah berdirinya MTs. Al Kubra Teluk Melano (Visi&Misi) dan Interview pada para pendiri MTs. Al Kubra Teluk Melano tentang Sejarah dan Harapan yang melatari berdirinya MTs. Al Kubra Teluk Melano.
  • Segment 2 :  Orang-orang yang pernah mengisi Sejarah MTs. Al Kubra Teluk Melano, Kesan dan harapan tertera didalam slide
  • Segment 3 :   Perjuangan menjadi MTs. Negeri Simpang Hilir (urutan Proses dan Penantian panjang) interview Kepala MTs. Al Kubra Teluk Melano ( Bpk. Ujel Damsiki, S.Ag)
  • Segment 4  :   Perubahan yang terjadi selama proses penantian dapat dilihat dari fisik sarana dan prasarana.
  • Segmen 5 :   Kumpulan Wawancara singkat, dengan siswa dan alumni yang telah berhasil, guru dan tokoh masyarakat pada MTs. Negeri Simpang Hilir (Closing Oleh Kreator Movie)

6

BAHAN – BAHAN  NARASI

 1.      Historis singkat  Terbentuknya MTs. Al Kubra Teluk Melano Segment 1

MTs. Al Kubra Teluk Melano Terletak di Jl. Merdeka Teluk melano Kec. Simpang Hilir Kab. Kayong Utara sebagai Lembaga Pendidikan Formal berdiri sejak tahun 1983, mula mula Madrasah ini merupakan madrasah yang didirikan oleh swadaya masyarakat, bernama MTs. Swadaya Teluk Melano. Pada tahun 1992 keluarlah Izin Operasional dari Departemen AgamaRI sekaligus pengakuan Pendirian MTs Swadaya tersebut

Melihat perkembangannya, pada tahun 1995 MTs. Swadaya Teluk Melano ini bernaung kepada YAYASAN PERGURUAN ISLAM SAYYIDUL KUBRA dan berganti nama MTs. AL KUBRA TELUK MELANO dengan Nomor Induk Statistik Madrasah 212610413005. hingga saat ini dengan berbagai upaya, MTs. AL KUBRA Teluk Melano telah merubah status akreditasi yang dimilikinya dari  tahun 1992 (Terdaftar) menjadi DIAKUI. Sebagai lembaga pendidikan menengah pertama yang berciri khas Agama Islam, MTs. Al Kubra Teluk Melano telah melaksanakan tugasnya berupa   proses pendidikan dan pengajaran secara terus menerus, serta telah berulang kali meluluskan para siswanya untuk melanjutkan pendidikan ketingkat atas maupun terjun ke masyarakat. Berikut wawancara singkat dengan beberapa orang pendiri MTs. Al Kubra Teluk Melano tentang sejarah dan harapan mereka karena dari tangan merekalah cikal bakal terbentuknya MTs. Negeri Simpang Hilir.

0

  1. 2.       Orang-orang yang pernah mengisi Sejarah MTs. Al Kubra Teluk Melano,   (Segment 2)

Guru memang pahlawan tanpa tanda jasa, ini terbukti pada guru  di MTs. Al Kubra Teluk Melano, Walau dengan keterbatasan dan ketidak beradaan namun para pahlawan tanpa tanda jasa ini telah dengan iklas mengajar dan membimbing siswa/siswi MTs. Al Kubra Teluk Melano. Walau silih berganti ada yang datang dan ada yang pergi silih berganti namun ilmu yang mereka tanamkan akan tumbu menjadi pohon abadi yang selalu member kesejukan menghasilkan buah keberhasilan bagi siswa/siswinya. Wahai para pahlawan tanpa tanda jasa hanya terima kasih kata yang paling mulia yang dapat kami berikan kepada mu. Semoga apa yang telah kauberikan menjadi amalan yang terus menerus dibalas pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

 

 

 

00

 

 

  1. 3.       Perjuangan menjadi MTs. Negeri Simpang Hilir (Segment 3)

Melalui perjuangan yang panjang akhirnya tercapailah cita-cita yang diinginkan para pendiri MTs. Al Kubra Teluk Melano yaitu perubahan status dari madrasah swasta menjadi madrasah negeri. Proses perjuangan secara singkat dapat kita ketahui dari hasil wawancara dengan kepala MTs. Al Kubra Teluk Melano Bapak Ujel Damsiki, S.Ag. berikut penjelasan dan harapan beliau.

000

  1. 4.       Perubahan yang terjadi selama proses penantian (Segment 4)

Dari berdirinya  sampai saat ini  MTs. Al Kubra Teluk melano terus berusaha memberikan yang terbaik kepada peserta didiknya, hal ini terbukti dengan makin meningkatnya mutu pendidikan di MTs. Al Kubra Teluk Melano. dapat dilihat dari jumlah kelulusan yang meningkat tiap tahunya, para tenaga pendidik yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang yang diajarnya, dan sarana prasana yang menunjang proses pembelajaran perlahan mulai tersedia bagi siswa/siswi, sampai akhirnya  terwujudnya perubahan status menjadi MTs. Negeri  Simpang Hilir.

Namun untuk sampai ke perubahan status itu tidaklah didapat dengan lancar dan tapa hambatan apapun.

Melihat perkembangan SMP Negeri yang sudah banyak berdiri di Simpang Hilir, dan minat siswa untuk masuk ke MTs. Al Kubra Teluk Melano mulai menurun maka pada tahun 2006 Kepala Madrasah, Komite dan Dewan Guru menyusun langkah-langkah strategis untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan membuat program-program yang dapat menarik minat siswa untuk masuk Ke MTs. Al Kubra.

salah satu program yang menunjukan dampak yang siknifikan adalah program lab. Computer, berawal dari kerjasama dengan pihak ke 3 dan akhinya dapat memiliki lab. Computer dengan jaringan internet, bahkan sampai saat film ini di buat  MTs. Al Kubra lah satu-satunya sekolah di tingkat menegah sederajat yang memiliki lab. Computer dengan jaringan internet di dalamnya di lingkungan Kecamatan Simpang Hilir.

Program ini terbukti berhasil, pada penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2007/2008 jumlah siswa yang masuk ke MTs. Al Kubra Teluk Melano Meningkat dari 15 Siswa pada tahun sebelumnya menjadi 35 siswa dan terus meningkat menjadi 45 siswa pada tahun 2008/2009.

00000

Program lain yang mendukung adalah Kegiatan Ekstra Kulikuler yang banyak diminati siswa seperti : Band, Seni Budaya (hadrah, Japin dan Tar), Olahraga, dan Pramuka.

  1. Kumpulan Wawancara singkat, dengan siswa dan alumni yang telah berhasil, guru dan tokoh masyarakat pada MTs. Negeri Simpang Hilir (scene 4)

Tentunya banyak harapan yang ingin dicapai dengan berubanya setatus dari MTs. Al Kubra Teluk melano menjadi MTs. Negeri Simpang Hilir. Berikut kumpulan asa dari siswa, guru dan alumni MTs. Al Kubra Teluk melano

  1. Closing dari Movie Maker (Huda dan Adi)

Adi : Trimakasih saya ucapkan pada semua pihak yang mendukung pembuatan film Dokumenter ini. Walau saya taklagi masuk dalam keluarga besar MTs. Al Kubra Teluk Melano namun saya bangga bahwa perjuangan kami selagi masih menjadi anggota keluaga besar MTs. Al Kubra telah tercapai, MTs. Negeri Simpang Hilir adalah harapan baru bagi dunia pendidikan di Kec.Simpang Hilir Khusunya dan Kab. Kayong Utara Umumnya semoga MTs. Negeri Simpang Hilir terus maju dan mencetak banyak orang-orang pinter, dan berahlak mulia.

 000000

Clip – Clip Dramatis

                Adapun tujuan dari adegan dramatis ini adalah Untuk meneutupi kekurangan yang ada dalam film misal nya membuat kesan alur cerita tidak terpotong begitu saja, sebagai improvisasi penonton, mengisi clip Voice Over dan yang paling penting adalah sebagai bumbu penyedap di dalam film, karena tentu nya dalam clip dramatis ini menggambarkan secara intuitif tentang keadaan yang di alami oleh sang tokoh kemudian penafsiran ada di dalam benak sang penonton. Nah dengan demikian maka di harapkan selera penonton akan lebih tergugah untuk selalu mengikuti alur ceita yang ada.

                Dengan adegan dramatis ini di harapkan para aktor untuk lebih memahami dan menjiwai, yang di perlukan adalah penjiwaan serta expresi wajah, itu saja. yang jelas pada dasarnya hal ini tidak sesulit beradegan dialog dalam film..

Jumlah Aktor Di perlukan       :

Nama -nama aktor/aktris         :

Waktu pengambilan gambar   :

Segment                                  : Wawancara- Dramatisasi – VO (Read For Puisi)

SANYO DIGITAL CAMERA

SCENE  FORMATION

 Fade IN ; Scene 0 : Terlihat  seorang anak wanita berjilbab sedang membaca syair di rerumputan hijau menghadap ke sunset

dengan di saksikan oleh para teman – teman  dan sang guru dengan hikmat yang duduk di rerumputan .

Guruku…Kini aku tahu ,Kesabaranmu, Ketabahanmu, Kecintaanmu

guru…Kini aku rindu, Bimbinganmu, Teguranmu, Marahmu  Juga  Senyumanmu

Guru…Aku tak akan lupa, Kebaikkanmu, Jasamu, Nasehatmu

guru…Ternyata kau adalah pelita bagiku

Yang mampu memberikan bias ilmu padaku

Yang akan berguna untuk bekal masa depan

Untuk menggapai cita – citaku.

Guru …engkau telah berikan segalanya

engKau telah ajarkan sesuatu untukku dan untuk semua

yang ku ingat paling lekat… adalah … ajaran C I N T A versimu.

CINTA VERSIMU  Hanyalah sebuah rangkain kata

”CAPAI IMPIAN DAN CITA–CITA”

00000000

 Cat to  ; Scene 1 : jalan menuju sekolah MTS ][  Seorang anak bersepeda dengan membawa tas cangklong nya ia buru – buru

menuju MTS dengan mengkayuh sepeda lebih cepat.

Cut to ; Scene 2  :  ext :  ext : black – fader  : perlahan – lahan terlihat kaki – anak yang berlari menuju ke sekolah kemudian ia

 terjatuh di depan teman – teman nya yang sedang membaca puisi ][  ( VO : Voice over ) ][ : suara anak  

berlari terengah – engah.

-

 

Cut to ; Scene 3  : ext  : padang rumout ][ act :  ( siswa dan guru)

Mereka tercengang memperhatikan anak laki – laki yang masih tersungkur tersebut, sang guru menggeleng- gelengkan kepala nya kemudian mendekati sang murid.

Fade out ; Scane 4:  ext : padang rumput ][  act : (siswa dan guru)

Guru                                                                                                                                                                                                                                                         : “kenapa terlambat  ?”.  ( expresi dingin )

Siswa  : ( terdiam sambil menunduk dalam posisi masih tersungkur )  (ext : face siswa yang memperhatikan )

Guru         : “kok diam”.  ( memandangi siswa nya dengan seksama )

Siswa  : “sss…saya membantu ibu noreh getah pak”.

Guru    : ( menghela nafas panjang sambil menggeleng – geleng kan kepala )….”ya sudah sana gabung dengan temanmu”.

cover mts dokumenter

Cut to ; Scane 5 : ext : bawah pohon kelapa dan padang rumput ][:  act : (para siswa) –  Berlari – lari kecil

Cut to ; Scane 6 : ext : halaman sekolah MTs ][:  act : (para siswa) bermain bola, sebelumnya berikrar untuk kebersamaan.

Cut to ; Scane 7 : ext : halaman sekolah MTs ][:  act : (para siswa dan guru) para siswa berkumpul di halaman sedangkan guru di    atas memberi pengarahan memberikan pengarahan.

Cut to ; Scane 8 : ext : jalan ][:  act : (para siswa dan guru ) pulang dari sekolah

Cut to ; Scane 9 : ext : halaman  ][:  act : (comment  siswa 1 ) :  “saye suke sekolah di sanawiyah karene sanawiyah bukan cume ngajarkan masalah umum tapi juga agama”.

Cut to ; Scane 10 : ext : bwh pohon kelapa ][:  act : (comment  siswa 2 ): “ saye bangge sekolah di sanawiyah, karene sekolah ini banyak kegiatan yang di sekolah lain tidak ade”.

Cut to ; Scane 11 : ext : halaman ][:  act : (comment  siswa 3 ): “guru nye te baek – baeeek, sabar, pokok nye MTS OK deeh ”.

Cut to ; Scane 12 : ext : ruang ][:  act : (comment  siswa 4 ): “ agamis, canggih, gaul, pkok nye semue menyenangkan deh”.

Cut to ; Scane 13 : ext : ruang ][:  act : (wawancara exclusive dg kepala sekolah)

Cut to ; Scane 14 : ext : ruang ][:  act : (comment guru 1 ) “ sekolah  ini cukup menyenangkan bagi saya, para siswa nya baik- baik , penurut, dan itu semua membuat saya senang dalam memberikan materi pelajaran”.

Cut to ; Scane 15 : ext : ruang ][:  act : (comment 2 ) “ kita yakin mts akan lbh maju lagi dari sekarang, apalagi status nya sekarang telah menjadi negeri ”.

Cut to ; Scane 16 : ext : ruang ][:  act : (comment guru 3) “apapun bentuk MTs ini tidak terlepas dari perjuangan seluruh warga mts dan dukungan masyarakat serta pemerintah:.

Cut to ; Scane 16 : ext : ruang ][:  act : (comment guru 4) “ semangat – semangat,  melangkah untuk maju bersama MTs”.

--

Tambahan untuk guru agar membaca kalimat dramatikal di depan siswa – siswa nya nya di padang rumput  seperti di bawah ini :

Assalamualaikum warah matullah hi wabarakatauh

“ para siswa dan siswi sekalian yang kucintai, kita tahu bahwa sesungguhnya sekolah kita telah berganti status, menjadi sekolah negeri. Tentunya hal tersebut memerlukan sebuah perjuangan yang tidak mudah. Maka untuk itu kalian sebagai siswa dan siswi mts negeri simpang hilir ini di harapkan untuk tidak menyia – nyiakan kesempatan emas ini. Belajarlah kalian dengan sungguh – sungguh, capailah impian kalian, dan capailah semua untuk kesuksesan.”.

 S.E.K.I.A.N

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: