Cinta, “Antara Nikmat dan Noda”


Cinta, “Antara Nikmat dan Noda”

bahaya-pergaulan-bebas   sumber kayong utara warta kayong ok
Oleh: Hasanan

Ketika bicara tentang cinta tentu sangat kompleks. Saat mengatakan cinta, sob pasti membayangkan cinta demi cinta yang sob jalin sama si do’inya, atau cinta yang sedang sob jalin saat ini dengan si Dia. Wow…..!!! Asyik banget ya ngak sob???

Sontak saya kaget ketika mendengar ungkapan, “Cinta sejatiku hanya untukmu” dari seorang pria kelas 5 SD kepada wanita idamannya. Yang benar aja sob? Emang elu udah bisa nafkahin anak orang? Udah siap lahir batin nich? Hihihi. . . . Ada-ada aja tu anak. Apa elu mampu mempertahankan cinta elu hingga usia dewasa atau hingga boleh menikah? Seusia SLTA saja saya belum yakin bahwa ungkapan cinta sejati itu bisa dipegang 100 %.

Oke, disini kita akan membahasan cinta yang selalu diidentikan dengan hubungan antara wanita dan laki-laki, baik itu dengan sebutan pacaran, tunangan maupun perkawinan. Saya mencoba menguraiakan secara sederhana kendati tidak terperinci dengan baik, dengan harapan agar bermanfaat untuk kita semua, terutama buat penulis.

MAKNA CINTA

Mau tahu sob apa itu cinta? Berikut saya kutif beberapa pendapat dan dalilnya dalam di dalam Al-Qur’an dan Hadits di bawah ini.

1. Sy. M. Rasyid Alhaddad
Cinta adalah suatu perasaan yang tumbuh dalam jiwa seseorang yang mana perasaan itu sulit untuk dihindari walau kadang kala bertentangan dengan apa dan siapa yang harus dicintai. Dan cinta adalah anugrah Tuhan yang suatu saat akan dirasakan setiap insan, walaupun diantara insan itu sulit mengukirnya dengan kata-kata kepada siapa yang dicintainya, namun sulit baginya untuk menepis perasaan yang tumbuh dihatinya. (Kutipan di Diary Hasanan, 3/2001).

2. Hasanan
Cinta adalah getaran naluri setiap insani yang dapat menumbuhkan perasaan sayang, saling memiliki, semangat hidup, kreativitas dan pengorbanan terhadap seseorang yang kita cintai, yang mana perasaan tersebut tumbuh dan berkembang secara alami sesuai dengan kodrat dan fitrah manusia diciptakan, karena cinta adalah anugrah terindah dari Tuhan buat manusia, dan dengan cinta pula peradaban manusia itu terlahir. (Kutipan di Diary Hasanan, 3/2001).

Tahu ngak sob, ungkapan ini saya dan sahabat saya Rasyid tulis ketika saya berumur ± 24 Tahun. Ya sama seperti kalian yang sedang dimabuk cinta. Cuma pada saat itu posisi saya bukan mencari pacar tapi sedang mencari calon istri. Kayak pakar cinta aja ya sob? Hehehe. . . . .

3. Ir. Soekarno (Presiden RI Pertama)
Cinta itu perasaan yang timbul jika kita menginginkan seseorang menjadi miliki kita. Cinta itu perasaan yang suci dan menggebu, sehingga kita mau berkorban apa saja untuknya. Cinta itu perasaan dimana kita lebih mengasihi orang lain daripada diri kita sendiri. (Putra sang Fajar, 2004).

4. Nabi Muhammad SAW (Hadist)
Rasullullah adalah tipe suami yang paling ideal dan romantis dalam mempratikan cintanya kepada istri-istrinya, paling cerdas dalam menjalin hubungan cintanya kepada para sahabat dan pengikutnya bahkan menjalin hubungannya dengan manusia yang lainnya. Ada beberapa ungkapan (Hadist) nabi yang bermakna ungkapan cintanya kepada keluarga dan para pengikutnya, antara lain:
o “Perbanyaklah kamu mencium anak cucumu, karena imbalan dari setiap ciuman adalah surga.” (H.R. Bukhari).
o “Kalau Allah tidak memberikanmu perasaan kasih sayang, apa yang dapat diperbuat-Nya untuk kamu? Barang siapa yang tidak mempunyai kasih sayang kepada orang lain, dia tidak akan mendapat kasih sayang dari Allah SWT.” (H.R. Bukhari).
o “Bahwa Nabi SAW biasa mencium istrinya setelah wudhu, kemudian beliau shalat (di masjid).” (H.R. Abdur-Razaq).
o “Kemarilah wahai yang kemerah-merahan,” adalah ungkapan cinta/romantis Nabi SAW kepada istrinya Aisyah, sebab wajah Aisyah adalah berwarna kemerah-kemarahan seperti buah tomat yang lagi mengkal.

5. Ungkapan Cinta dalam al-Qur’an (Firman)
Banyak ayat dalam al-Qur’an yang menyatakan cinta antara manusia dengan manusia, dengan keluarganya, sanak familinya, cinta dengan hartanya, cinta dengan jabatannya, dengan ternaknya, cinta dengan dunianya dan lain-lain. Bahasa al-Qur’an (Firman Allah) yang lazim kita dengar diantaranya:
“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga),” (Q.S. 3:14).

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia,” itu kata kuncinya ketika seseorang tertarik untuk mencintai sesuatu, baik cinta secara jasmani maupun rohaniah, benar kan sob?

AKAR CINTA

Ada berepa hal yang membuat seseorang itu tertarik/jatuh cinta pada lawan jenisnya. Secara umum saya melihatnya yaitu:
• Karena Fisik: wajah yang cantik/ganteng, bodi yang oke, penampilan yang menarik, pokoknye dibawa kondangan ngak malu dan malu-maluinla sob.
• Karena Materi: memiliki fasilitas, kendaraan mewah, rumah megah, dompet tebal, tajir gitu dech.
• Karena Tahta: pegawai, pejabat atau pengusaha dll.
• Karena Kecantikan Hati (Inerbeauty): memiliki sopan santun, budi pekerti yang baik, berkarakter/berakhlak mulia, rendah hati, shaleh/shaleha. Dan kategori terakhir ini kunci kebahagiaan sesungguhnya, sebab memiliki fisik yang baik, kaya dan punya kedudukan akan hambar dan bernilai nol jika orang tersebut berkarakter tidak baik, ya ngak sob?
bahaya-pergaulan-bebas   sumber kayong utara warta kayong
“Akar cinta yang terdalam akan mati dalam hati apabila tidak dipupuk dengan mesra (kasih sayang).” Setiap kita akan jatuh cinta. Darimana pun kita memulainya, yang pasti cinta itu sesuatu yang indah dan menjanjikan kehindahan, dan cinta itu anugerah terindah buat manusia. Sesungguhnya Allah itu indah dan sangat mencintai keindahan, maka cintailah sesuatu karena cintamu kepada-Nya, insya Allah akan lebih berkah.

VIRUS CINTA

1. Pergaulan bebas
Pergaulan bebas tanpa kontrol akan menjerumuskan kita pada tindakan yang tidak dibenarkan secara syar’i sob. Dalam setahun selalu saja ada korban akibat pergaulan bebas, baik itu korban akibat narkoba dan miras maupun wanita yang jadi korban atas nama cinta akibat seks bebas. Belakangan ini remaja disibukan dengan urusan ngelem juga. Korban yang dimaksud bukan cuma kehilangan nama baik, tetapi secara psikologi/mental, intelejensi dan kreativitas kita akan luntur dan terkikis. Miris juga kan?

Pakaian mini pun merupakan salah satu faktor mengapa perempuan itu gampang dilecehkan. Jangan salahkan laki-laki jika ia tergoda, sebab perempuanlah yang telah mengodanya untuk berbuat yang tidak-tidak. Dengan aurat terbuka berarti perempuan telah membuka gerbang kemaksiatan buat lelaki si hidung belang.

Faktor keluarga dan lingkungan sangat berpengaruh dalam pembentukan mental anak, terutama faktor lingkungan yang paling berpengaruh besar. Jiwa seseorang itu gampang dipengaruhi dengan apa yang ia lihat, ia dengar dan lingkungan pergaulannya. Lebih dari 80 % jiwa seseorang dipengaruhi apa-apa yang dilihatnya. Sebab itu peran ortu/keluarga, sekolah dan masyarakat sangat penting dalam pembentukan karakter anak, sedini mungkin pendidikan karakter itu sudah tertanam.

2. Ciuman Pertama
Tahu ngak kamu sob bahwa kelemahan wanita itu terletak ditelinganya dan kelemahan laki-laki itu di mata. Kenapa kelemahan wanita itu di telinganya? Karena wanita itu gampang dirayu dan mudah termakan rayuan laki-laki. Dan kenapa kelemahan laki-laki itu di matanya? Karena laki-laki itu gampang tergoda dengan pemandangan yang bagus dari seorang wanita, kendati ia sudah memiliki pacar/istri cantik sekalipun, apa lagi kalau wanita tersebut berpenampilan sexi. Ihhh….., pasti jadi tatapan menarik tu? Laki-laki itu punya segudang cara dan rayuan lho agar dapat menaklukanmu? Makanya kamu yang harus pandai-pandai jaga jarak dan bisa membedakan mana hal-hal yang menjerumuskan dan mana yang tidak.

Dengan ungkapan “Cintaku hanya kamu, tak ada yang lain lagi,” atau “Aku akan bertanggung jawab apapun yang akan terjadi, yang penting kita jalani kebahagiaan …….. kita sekarang” seorang wanita kadang langsung percaya begitu saja dengan laki-laki yang baru ia kenal atau sukai.

Sekidit saya paparkan tentang bagaimana virus cinta itu dapat merenggut virgin (keperawanan) seorang wanita. Ini cuma salah satu contoh saja sob, masih banyak studi kasus yang lainnya. Namun sebelum itu saya mau berbagi sedikit dengan sob tentang makna ciuman seorang laki-laki kepada wanita, mau ngak? Pasti maulah ya ngak sob? Hehehe. . . . .
CIUMAN DI TANGAN = Bermakna bahwa laki-laki tersebut suka padamu girl
CIUMAN DI KENING = Bermakna bahwa laki-laki tersebut sayang padamu
CIUMAN DI BIBIR = Bermakna bahwa laki-laki tersebut mencintaimu
CIUMAN DI DADA = Bermakna bahwa laki-laki tersebut mencintaimu karena nafsu semata.

Hupzz…. Jangan berpikir yang macam-macam dulu sob. Jangan salah, justru itulah jalan buat virus-virus cinta berkembang biak di tubuh kita. Semuanya mengalir seperti air dan atas nama cinta. Pada hal dari ciuman itulah virus-virus tersebut berkembang secara signifikan menguasai jaringan otak manusia, sehingga fungsi otak kadang mati dibuatnya. Apapun dalihmu, ciuman pada yang bukan muhrim tetap zinah hukumnya, walupun zinah kecil. Mau tahu sob bagaimana metabolisme virus tersebut? Berikut paparannya.

Berawal dari kenalan atau nembak (mengungkapankan cinta) dan diterima sang gadis. Ngapel malam minggu, mau diajak jalan-jalan, mau mojok berduaan di tempat gelap, kemudian pegangan tangan dan berpelukan. Jika semua itu berjalan tanpa bantahan dari si cewek, maka langkah selanjutnya mencium tangan cewek yang bermakna suka tersebut. Perlu di ingat girl bahwa tangan lelaki adalah tangan yang paling nakal sedunia, apa lagi di tempat gelap akan lebih sempurna lagi jahilnya, hehehe….

Jika cium di tangan seorang gadis tidak marah maka langkah selanjutnya adalah ciuman dikeningnya. Ciuman dikening pun tidak marah maka ciuman tersebut turun ke bibir. Di bibir pun juga tidak marah, ciuman selanjutnya turun ke dada. Apabila ciuman sudah di dada maka tinggal satu langkah lagi maka sang laki-laki akan menguasai seluruh tubuhmu girls, sesuatu yang paling berharga dalam hidupmu yaitu virginmu akan lenyap direnggutnya.

Satu kali pernah melakukan sex kadang wanita menolak untuk mengulang. Dua kali berhubungan sex kadang wanita sok jaim. Dan di atas 3 kali melakukan hubungan sex maka wanita sudah lupa diri dan mulai menikmati. Dan pada akhirnya hamil diluar nikah. Syukur-syukur laki-laki tersebut mau bertanggung jawab, jika tidak? Apes dech. Udah jatoh ditimpa tangga lagi.

3. Strategi Cinta
Seribu satu cara bagi laki-laki dalam menaklukan pasangannya, kecuali bagi wanita-wanita yang sudah teruji keimanannya. Salah satu cara laki-laki dalam menaklukan perempuan, yaitu:
– Dengan Rayuan. Atas nama cinta bermacam-macam rayuan pun muncul demi menakukan pasangannya. Tidak bisa cara ini cara itu. Pokoknya banyaklah rayuan maut yang dimiliki laki-laki;
– Sok Perhatian. Apapun yang diinginkan do’inya maka akan ia turuti. Kadang tidak dipinta pun itu ia lakukan demi mendapatkan pengakuan ceweknya bahwa ia seorang cowok yang perhatian dan pengertian. Ada juga yang tulus sob, tapi sedikit sekali. Kebanyakan ada udang di balik batu. Bahkan ia rela berkorban waktu, pikiran dan materi untuk meluluhkan hati ceweknya. Kadang tak jarang ada yang rela mencuri uang ortuya atau berhutang demi membahagiakan do’inya. Untuk meyakinkan pasangannya ia bukan cuma pintar mencuri perhatian pacarnya tapi ortu cewek tersebut juga, istilah Melayu Kayong “Pandai begalo” atau menyuguhkan sesuatu berupa materi pada ortu/famili ceweknya;
– Sok Puitis. Senang mengungkapkan kata-kata dalam bentuk puisi biar kelihatan romantis. Selalu update puisi via FB dan SMS buatmu. Pada hal aslinya belum tentu dia seromatis seperti yang kamu banyangkan;
– Pamer Materi. Menampilkan pakaian mahal, kendaraan mewah dan asesoris mewah lainnya. Memberikan hadiah mahal – baik pada cewek atau keluarga ceweknya dan memenuhi keinginan yang diperlukan oleh ceweknya secara cepat saji, pokoknya top dech;
– Bermitra dengan Teman atau Teman Dekat Ceweknya. Tujuannya yaitu untuk memback up kepentingan/misinya. Fungsi teman tersbut banyak sekali, salah satunya yaitu sebagai delegasi yang membawa misi untuk meyakinkan/propaganda kepada cewek tersebut bahwa dia adalah cowok baik, pengertian dll;
– Mengiba. Berbohong/bersandiwara, merendahkan dirinya, rela menyiksa dirinya agar dapat impati dari gadis gebetannya;
– Praktik Perdukunan. Tak jarang pratik perdukunan menjadi alternatif cowok dalam menaklukan pasangan. Emang masih ada ya sob? Kayaknya sih masih ada juga tu sob. Cape dech….

4. Media yang Tidak Mendidik
Dengan kemajuan teknologi dan arus globalisasi kadang menjadi masalah tersendiri bagi kita-kita yang pasif dalam menyikapinya. Arus informasi dan telekomunikasi yang semakin hari semakin canggih membuat manusia gampang mengakses apapun yang ia inginkan. Internet, facebook, twitter dll bak dua jalan menuju kebaikan atau sebaliknya, tergantung karakter/niat si penggunanya. Apa lagi film-film porno bebas diakses baik melalui dunia maya maupun dunia nyata. Belum lagi saban hari kita disuguhkan senetron-senetron atau tayangan televisi yang tidak mendidik. Semua itu besar pengaruhnya terhadap perkembangan mental dan intelejensi anak-anak/remaja.

Di media cetak dan elektro mungkin kita pernah membaca/mendengar, berapa banyak gadis remaja yang kabur dari rumahnya bermula dari perkenalannya dengan pria via jejaring sosial. Berapa banyak wanita yang jadi korban pelecean seksual akibat ia tidak bisa menjaga sikap dan penampilannya. Berapa banyak gadis hamil diluar nikah kerena banyak mengkonsumsi tontonan yang tidak mendidik. Berapa banyak bayi yang tidak berdosa tergeletak di god, bak sampah dan pingiran jalan akibat hubungan gelap ortunya.

Kita sebut saja film porno. Dulu seorang gadis remaja/yang masih lajang nonoton film tersebut merupakan sesuatu yang tabu. Namun sekarang tidak, bahkan seperti tontonan yang memberikan tuntunan. Banyak kasus dan hasil survey menunjukan, remaja usia SMP – SMA 75 – 80 % telah melakukan hubungan seks, baik seks ringan maupun seks berat. Bahkan seorang remaja dapat dianggap ketinggalan jaman oleh temannya jika ia tidak bergaul di dunia tersebut. Na’uzubillah. Berapa banyak remaja yang putus sekolah akibat hamil diluar nikah. Jadi media seperti ini tidak bisa dipandang remeh, ia pun seperti virus yang mematikan.

Di tahun 2012 di Desa Rantau Panjang Kec. Simpang Hilir Kab. Kayong Utara tersebar kabar yang menegangkan urat syaraf. Seorang remaja laki-laki (15) telah berulangkali melakukan hubungan intim dengan seorang nenek-nenek berusia 50-an tahun. Dari hasil investigasi bahwa remaja tersebut melakukan hubungan intim karena terpacu sering menonton film porno di HP miliknya. Karena itu tidak bisa ia lakukan dengan lawan jenis sebayanya maka sang nenek pun menjadi pilihan menarik untuk meluapkan birahinya. Cihuiiiii. . . . .

TIPS MENCEGAH VIRUS CINTA

1. Bijak Memilih Lingkungan Pergaulan
Seperti yang saya paparkan di atas bahwa “Jiwa seseorang itu gampang dipengaruhi dengan apa yang ia lihat, ia dengar dan lingkungan pergaulannya.” Sering kita mendengar perumpamaan ortu kita bahwa bergaul dengan orang baik maka kita akan baik, bergaul dengan orang jahat maka kita akan ikut jahat. Dan itu benar. Selama sob bisa menjaga diri bergaul dengan siapapun tidak masalah. Tapi siapa yang berani jamin bahwa sob tidak akan terpengaruh dengan lingkungan pergaulan yang sob ada di dalamnya, kecuali sob punya filter yang baik. Sedapat mungkin lingkungan yang tidak sehat itu kita hidari, sehingga hidup kita lebih terarah dan memiliki tujuan yang jelas.

Banyak mengkonsumsi tontonan negatif membuat pikiran kita cenderung negatif, apalagi jika tontonannya adalah film porno, pasti terbesit niat kita untuk melakukan sesuai dengan apa yang kita tonton. Solusinya kita harus menghindari tontonan yang tidak mendidik dan memilih lingkungan pergaulan yang sehat.

2. Menjadikan Pacar Sebagai Teman
“Jadikan cinta itu sebagai sahabat, bukan nafsu sehingga kita bisa diperbudaknya.” Mencintai sesuatu karena nafsu adalah cinta semu, ia tidak akan kekal dan bisa jadi boomerang dalam hidup kita. Namun mencintai sesuatu karena cinta kita kepada Allah, itulah cinta sejati dan abadi. Idealnya, cinta yang dijalin karena rasa persahabatan maka ia akan berbuah kebahagiaan. Di dunia ini sahabatlah yang selalu memberi warna dalam hidup kita. Sahabat pula yang selalu mengingatkan di saat kita salah melangkah, menasehati di saat kita khilaf, menghibur di saat kita susah, menunjukan jalan saat kita tersesat. Namun ketika mereka abai saat kita salah, diam saat kita khilaf, senang saat kita susah dan susah di saat kita senang itu bukan sahabat namanya, namun teman yang selalu mencari keuntungan dari setiap kelemahan kita.

Pacaran karena nafsu apapun alasannya itu bukanlah cinta sejati, namun cinta nafsu belaka. Ketemu pacar hanya untuk berpelukan, berciuman dan melakukan seks bebas itu bukan cinta namanya tapi memenuhi kepuasan nafsu semata. “Ungkapan cinta terdalam ialah apabila seseorang berusaha membuat orang yang ia cintai selalu merasa bahagia dan tidak sakit hati.” Dan ingatlah, pria/wanita yang baik akan mendapatkan pasangan/jodohnya pria/wanita baik-baik pula, dan pria/wanita yang tidak baik akan mendapatkan pasangan/jodohnya dari pria/wanita yang tidak baik pula sob.

“Jangan telalu mencintai, karena suatu saat kamu bisa membencinya. Jangan telalu benci, karena suatu saat kamu bisa mencintainya, (al-Hadist).”

3. Mengenali Tipe Pasangan Kita
Kenali tipe atau karakter pasangan/pacar kita. Ini penting. Sebab jika kamu tidak megenalinya maka kamu akan gampang tertipu, apalagi buat kamu girls. Apakah pasangan kamu tipe lelaki yang suka merayu, sok perhatian, pamer materi, memiliki teman yang suka menyanjungnya atau suka mengiba dll? Jika ia memiliki tipe tersebut maka jangan berikan hatimu sepenuhnya untuknya, apa lagi ia memiliki karakter dan bertangan jahil apabila ketemu dan berduaan denganmu, maka lelaki tersebut memiliki niat yang tidak baik dibalik kebaikannya. Hmmm…. Jangan marah dulu ya mans. Insya Allah ini untuk kebaikan kita laki-laki juga kok. Dan ingatlah girls, kelemahanmu ada pada telingamu. Jangan biarkan telingamu peka terhadapan rayuan atas nama cinta. Kelemahan lelaki itu ada pada matanya, sebab itu ia mudah berpaling darimu.

Lelaki yang selalu memuji adalah leleki yang senang mengombar janji, dan wanita yang senang dipuji adalah wanita yang paling lemah pendiriannya. Ingatlah girls, pujian adalah bentuk rayuan yang terselubung. Yang saya pahami bahwa wanita itu senang dipuji, apa lagi dibilang cantik atau anggun dll. Jangan terlena dengan pujian sebab itu muslihat laki-laki untuk menjeratmu.

Mengenali pasangan kita tidak harus selalu dekat dengannya. Banyak jalan dan cara bijak yang bisa kita lakukan. Menjadi wanita yang sulit ditebak tipenya adalah tantangan tersendiri buat laki-laki, apalagi jika kita ikut metode burung Merpati. Dengan demikian maka kita akan mudah mengetahui bagaimana karakter sesunggunhya cowok yang ngebet ma kita. Jual mahal itu jauh lebih baik daripada jadi wanita murahan (gampang digoda) kan? Jika modote ini kita terapkan, insya Allah kamu akan selamat.

Tipe laki-laki yang baru kenalan udah berani memeluk, mencium dan melakukan lebih dari itu, itu bukanlah tipe cowok yang baik buatmu girls. Namun sebaliknya, jika kamu cewek yang suka diajak jalan-jalan, suka dipeluk, dicium bahkan lebih dari itu maka sesungguhnya kamu bukan pula tipe cewek yang sempurna, dan wajar jika laki-laki ingin mencicipi kehangatan tubuhmu (maaf agak pedas nich), ckckckck……

Jadi, carilah pacar seorang pria yang benar-benar tulus mencintaimu karena Allah, bukan mencari kesempatan dalam setiap kelemahanmu girls. Jika kamu dekat dengan seseorang hanya untuk suka-suka aja, maka batasi kedekatanmu dengannya, karena kedekatan yang berlebihan membuka pintu kemaksiatan buatmu. Kecuali niatmu kenalan dengan seseorang untuk mencari suami/istri, itu pun ada batasan yang harus kita perhatikan. Jangan mentang-mentang udah tunangan misalnya – harus bebas segalanya. Kamu tahu kan girl, malu lelaki itu di telapak kakinya dan baginya tak ada bekas kendati ia telah ternoda. Sementara kamu apa lagi yang kehilangan virginmu dan ditinggalkannya, ketika kamu dapat cowok baru dan menikah dengannya maka masalah tersebut dapat menjadi boomerang dalam rumah tanggamu kelak.

4. Kurangi/Hindari Kencan Berduaan
Hindari kencan/sering bertemu dan selalu berduaan dengan pasanganmu, sebab orang ketiganya adalah syaithan. Sekuat apapun imanmu akan luntur jika kamu selalu banyak berduaan di tempat sepi dan gelap dengan pasangan yang belum sah bagimu. Jika kamu berpergian atau lagi berduaan dengannya, ajaklah teman untuk mendampingimu, sehingga tidak ada kesempatan buat orang ketiga (syaithan) mengodamu.

Buatlah alasan yang logis untuk menolak ajakan yang tidak mendidik dari pasanganmu apalagi dapat mencelakaimu sebagai seorang wanita mulia, karena bagi wanita itu selalu banyak alasan yang tidak bisa dibantah lelaki.

Ingat girls! Laki-laki itu selalu mencari dan mengintai kelemahanmu. Bisa jadi kelemahanmu karena materi alias CM (Cewek Matrai). Atau kamu tipe cewek yang suka dengan cowok ganteng. Hati-hati sob! Cowok ganteng itu banyak lho yang ngebetnya, apa lagi cowok Ganjir (Ganteng Tajir). Atau bisa jadi kelemahanmu karena senang dipuji. Hati-hati dengan pujian, karena pujian bukanlah penghargaan namun perangkap untuk menaklukanmu. Atau mungkin kelemahanmu karena kamu tipe cewek gaul (gampang dirangkul), de-el-el.

5. Menanamkan Rasa Malu
Ini penting, karena malu sebagian dari iman. Orang yang tidak memiliki malu cenderung berprilaku massif dan amoral atau melanggar etika. Malulah pada diri sendiri, orang tua, masyarakat dan kepada Tuhan, karena Tuhan selalu dekat dan melihat kita.

Rasa malu itu harus tertancap di lubuk hati yang paling dalam, sehingga tidak bisa dimanipulasi dengan apapun. Malu jika sedang berdua. Malu jika nongkrong di pingir jalan dengan pasangan. Malu berpelukan saat berboncengan dengan lawan jenis yang bukan muhrim, dengan muhrim saja kita malu, apa lagi yang bukan kan? Kemudian malu melakukan hal-hal lain yang tidak sesuai dengan kaidah yang berlaku di masyarakat kita. Memelihara malu itu jauh lebih mulia daripada mengaku hebat tetapi tidak bermartabat. Namun jangan salah juga sob, ada saatnya rasa malu tidak boleh kita tampilkan, yaitu malu melakukan kebaikan atau malu untuk berkreativitas positif. Jika kita malu melakukan kebaikan dan kreativitas tapi tidak malu melakukan tindakan amoral berarti ada yang salah dalam diri kita, dan itu harus segera diperbaiki, tidak bisa segera, bertahap.

6. Aktif Bersosialisasi
Daripada elu suntuk mikirin cinta mendingan melakukan aktivitas positif sob. Teman saya Miftahul Huda (Uda) pernah berujar/menasehati anak sanggarnya dihadapan saya, katanya “Hidup ini terlalu singkat jika kita hanya memikirkan cinta.” Apalagi usiamu masih SMP/SMA, terlalu pendek perjalanan hidupmu jika hanya memikirkan cinta dan cinta.

Aktivitas positif itu ladang pahala. Kamu tahu kan sob apa itu ladang? Pasti! Seorang petani yang giat melakukan aktivitasnya di ladang, mulai kegiatan mengolah lahan, menyemai benih, menanam dan memupuk/merawat tanamannya maka ia akan memetik hasil dari usahanya tersebut. Demikian juga dengan kita yang melakukan aktivitas positif dalam lingkungan keluarga, sekolah atau lingkungan sosial, maka kelak kita akan memetik hasilnya pula.

Maaf ya sob. Orang seperti kita-kita nich, udahlah shalat malas, puas alpa, zakat mangkir – malas lagi melakukan kebaikan pada keluarga, teman dan lingkungan sosial, lengkap dech keburukannya. Minimal melakukan kebaikan/aktivitas sosial sambil memperbaiki hubungan dengan sang Khaliq, aktivitas sosial kan ladang pahala. Jangan jadikan tolak ukur kebaikan itu adalah materi/uang, uang dan materi itu akan datang sendirinya ketika kita ikhlas melakukan kebaikan.

Daripada hidupmu dihantuan cinta nafsu, mendingan melakukan kreativitas dan bersosialisasi dalam kehidupan sosial. Jika kamu pelajar, kejar dulu cita-citamu. Cinta itu selalu ada dimana pun kita berada, namun cita-cita akan lenyap ketika kita tidak sungguh-sungguh dalam meraihnya.

7. Jangan Pernah Anti Terhadap Nasehat
Kritikan dan nasehat adalah mutiara yang paling berharga. Tak semua orang yang sanggup dan mau memberikan mutiara tersebut. Maka bersyukurlah apabila ada ortu, teman/sahabat, kerabat dan orang lain yang mau memberikan mutiara tersebut buat kita, artinya mereka peduli dan sayang dengan kita.

“Jangan memandang siapa yang mengatakan tetapi dengarkan apa yang ia katakan (Ali bin Abi Thalib).” Sedapat mungkin kita dengar dan pahami nasehat siapapun, jika tidak suka jangan membantah. Boleh jadi saat itu kamu tidak butuh nasehatnya, namun suatu saat kamu akan tersadar bahwa nasehat mereka begitu berharga buat kebaikanmu.

Nah, panjang juga ceritanya ya sob (mudahan ngak cape bacanya) hehehe…. Tapi maaf nich khusus buat cowok-cowok karena saya cenderung membicarakan atau membela cewek. Tahu ngak sob alasannya kenapa? Karena yang selalu jadi korban itukan cewek, sebab itu saya membelanya.

Tulisan ini tidak berniat untuk menyinggung, mengucilkan atau mengecilkan siapapun. Ini semata-mata menjalankan tugas saya dan kita sebagai manusia dan mahluk sosial untuk salaing mengingatkan. Apakah saya tidak memiliki cerita/kisah masa lalu? Pasti ada. Karena saya yakin hampir setiap kita memiliki masa lalu yang suram dan indah. Jadi kita tidak perlu berdebat soal ini, yang terpenting bagaimana kita melakukan tugas kita sebagai mahluk sosial untuk saling mengingatkan. Yang sadar mengingatkan yang setengah sadar, dan yang sudah sadar mengingatkan yang belum sadar, indahkan hidup ini jika kita saling berbagi?

Kesimpulan yang dapat kita petik bahwa cinta itu bisa mendatangkah berkah dari Allah apabila kita mencintai sesuatu karena cinta kita kepada Allah. Dan cinta pun bisa mendatangkan murka Allah apabila kita mencintai sesuatu bukan karena Allah – cinta nafsu semata. Buat kaum Hawa, sadarilah kelemahanmu! Tidak akan rendah derajatmu apabila kamu istiqamah (konsisten) menjaga marwahmu sebagai wanita. Ingatlah wanita, bahwa kamu adalah pencetak generasi. Wanita yang baik akan melahirkan generasi yang baik, dan sebaliknya. Siapkan dirimu sedini mungkin, jadilah wanita yang mampu melahirkan generasi yang bermartabat, karena wanita adalah tiang Negara. Sejarah mencatat, di balik pria yang hebat selalu saja ada wanita yang hebat pula, dan sebaliknya, benarkan sob?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: