Ketua DPD POM KKU Tanggapi Rencana Bupati Yang Siap Tampung Pengungsi Dari Afganistan


Hermanto Ketua DPC POM KKU

Hermanto sebagai ketua DPD POM KKU (Persatuan Orang Melayu ), Kabupaten Kayong Utara menanggapi renacana bupati kayong utara Citra duani yang siap menampung para pengungsi atau pencari suaka yang berasal dari Afganistan.

Pernyataan bupati tersebut di muat pada surat kabar Suara Pemred edisi 1 september 2019 di halaman depan dengan judul “ Kayong utara siap tampung pengusngsi asal afghanisthan “, disertai foto Bupati Citra Duani serta ilustrasi para pengungsi.

Menanggapi pernyataan Bupati itu Hermanto menyatakan bahwa kesiapan untuk menampung para pengungsi tersebut mungkin melihat dari sisi kemanusiaan. Akan tetapi menurutnya, Bupati jangan dahulu gegabah dalam melihat permasalahan untuk menampung para pengungsi tersebut, ia mencontohkan dari sisi aturan.

“ Salah satu kendala di lapangan mengenai masalah pengungsi ini adalah regulasi. Indonesia belum menyesuaikan Konvensi PBB mengenai Status Pengungsi 1951, dan Tidak ada satupun  Undang-Undang di Indonesia yang (khusus) mengatur masalah pengungsi,” ujar Hermanto saat di hubungi via  telpon.

Di lanjutkan oleh Hermanto bahwa Satu-satunya Undang-Undang yang menyingggung penanganan pengungsi asing dalam hukum nasional Indonesia adalah UU No. 37 Tahun 1999  tentang Hubungan Luar Negeri  itu pun hanya Disebutkan “terkait” yang kemduian dengan Perpres,” jelasnya kembali.

Dalam Pasal 27 Undang-Undang Hubungan Luar Negeri menyebutkan Presiden menetapkan kebijakan masalah pengungsi dari luar negeri dengan memperhatikan pertimbangan Menteri.

Hermanto berujar bahwa Bupati seharusnya fokus mengurus berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten kayong utara saat ini terutama mengenai kebutuhan dasar mengenai air bersih yang sedang di keluhkan oleh masyarakat di saat musim kemarau .

“Jadi lebih baik urusi permasalahan yang ada dari pada mengurusi sesuatu yang belum jelas dan masih mengawang awang, rakyat kayong saat ini sedang butuh dengan pelayanan air bersih, kita maklum untuk membangun air bersih mungkin butuh waktu tapi paling tidak dari sekarang Bupati hendaknya Fokus dengan maslaha yang ada saja “  Tandas Hermanto.   MH / 01/ 09/2019 .

 

Posted on 1 September 2019, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: