Menanti Episode Akhir Persoalan AIR BERSIH di Kabupaten Kayong Utara


Air merupakan sumber kehidupan. Air sangat diperlukan dalam berbagai aspek baik kehiduoan sosial ekonomi serta keberlangsungan ekosistem yang ada di muka bumi. Maka atas hal tersebut kebutuhan akan air bersih adalah mutlak sebagai kebutuhan dasar yang tidak dapat di gantikan oleh apapun.

Di Kabupaten kayong utara hari ini sudah berajalan 13 tahun pemekaran, sudah semestinya dapat menjalankan kebutuhan air bersih dengan layak, namun sayangnya hal tersebut adalah mimpi yang panjang bagi masyarakat, sebab setiap pergantian pemimpin janji akan pemenuhan kebutuhan dasar tersebut sudah sangat lazim.

Isue air bersih adalah salah satu dagangan politik yang paling laris, sebab memiliki daya pikat bagi masyarakat, maka tak heran bila janji akan pemenuhan kebutuhan air bersih sangat di harapkan bagi masyarakat di Kabupaten Kayong Utara pada umumnya.

Instalasi Pembangunan Air Bersih ( IPA) sudah banyak di bangun pada masa awal pemekaran kayong utara hingga saat ini, akan tetapi rata rata berakhir mangkrak tidak dapat di gunakan karena banyak faktor.

Untuk membangun IPA tersebut uang rakyat puluhan miliar sia sia begitu. Yang heran mengapa rata rata IPA tersebut berakhir mangkrak ?, apakah karena proyek tersebut tidak ada perencanaan matang ataukah hanya berorientasi pada penyerapan anggaran semata ?, sehingga output yang di harapkan untuk dapat melaksankan pemenuhan kebutuhan air bersih tidak dapat tercapai dengan maksimal.

Dulu saat Kabupaten Ketapang, air bersih dari Sukadana pernah mengalir melintasi jembatan panjang teluk melano hingga ke Desa pemangkat dan Desa sei mata mata, tapi saat ini untuk sampai di desa terdekat dari sukadana saja sudah kesulitan, hal ini di akibatkan beberapa faktor seperti debit air yang kurang dan lain sebagainya.

Tentang masalah tekhnis debit air dan sebagainya pernah di kemukakan oleh pihak dinas PU ( pekerjaan umum )  pada public hearing yang di lakukan oleh warta kayong pada tahun 2014. Secara rinci penjelasan mereka dapat kita baca di sini :  https://wartakayong.com/2014/11/28/data-kotor-air-bersih-kayong-utara/

Sebenarnya Kabupaten Kayong Utara khusunya Kecamatan Sukadana terdiri dari lembah dan bukit serta pegunungan. Tidak sulit untuk mencari sumber baku air bersih di sini,  yang  jelas Bagi masyarakat, air merupakan wujud vital bagi kebutuhan air bersih mereka. Namun kenyataanya, sebagian besar masyarakat belum mampu mengakses air bersih. Apa boleh buat, mereka akhirnya banyak membeli air bersih memakai mobil tangki, Jika yang tidak punya uang maka akan menngambil sendiri dengan motor ataupun dengan sepeda.

Tapi tenang saja, sebab dalam salah satu janji kampanye Bupati terpilih saat ini yakni Citra Duani saat memberikan pemamparan visi misi yang di selenggarakan oleh KPU ( komisi pemilihan umum kabupaten kayoong utara ) pada tahun 2018 lalu ia menyatakan jika ia terpilih maka dalam waktu yang secepatnya akan segera mengalirkan air bersih di lima kecamatan di Kabupaten Kayong Utara . ( Video selengkapnya dapat di lihat di sini : https://www.youtube.com/watch?v=_jLGUTuI47E&list=PL–uIt_O6M0MrjfCJc39ZzInaqcPzIkVM&index=37&t=0s )

Dengan janji kampanye tersebut artinya, ada sebuah harapan atau paling tidak jaminan bagi masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan air bersih, tinggal menununggu waktu saja, pertanyaan kapan kita menununggu, jawabanya mari bersabar untuk tetap menunggu sampai saatnya tiba.

DI TULIS OLEH : MIFTAHUL HUDA

Posted on 31 Agustus 2019, in Opini. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: