Desa Medan Jaya Berdayakan Sumber air Bersih Yang ada


Desa Medan Jaya Kecamatan simpang hilir kabupaten kayong utara, patut menjadi contoh keberhasilan dalam penyaluran air bersih di kala musim kemarau. Melalui program dana pusat PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ) dan sharing dengan dana desa,  air bersih di Desa Medan jaya dapat memenuhi di sebagain besar masyarakat Desa Medan Jaya.

Adapun sumber air bersih yang di kelola Desa Medan Jaya ini berasal dari air sungai yang berasal dari hutan, yang kemudian mereka tampung di dalam bak lalu di alirkan ke masyarakat, dengan kondisi air yang berwarna coklat hanya dapat memenuhi untuk keperluan MCK ( mandi cuci dan kakus ) . Walaupun hanya dapat memenuhi kebutuhan MCK, masyarakat sudah merasa bersyukur karena selama ini mereka mengandalkan air sumur yang berwarna kuning dan berbau.

Menurut Sudarwin Kepala Desa Medan Jaya, bahwa program PAMSIMAS di desanya bisa di katakan berhasil karena dapat di manfaatkan untuk kebutuhan air bersih. Untuk  Tahun depan ia berencana akan kembali menambah pembangunan tower air untuk dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Desa Medan Jaya.

“ saat ini walaupun belum semua mendapatkan air bersih ini, tapi bagi para warga yang ada di desa medan jaya juga kami sediakan penampungan air untuk di ambil secara gratis, maka  ke depan niat kami dari desa akan memperioritaskan pembangunan untuk penampungan air ini agar dapat merata ke semua masyarakat di desa medan jaya ini “. Ungkap sudarwin.

Ia juga menjelaskan bahwa masyarakat cukup antusias dan berkomitmen dalam menjaga sumber baku air tersebut, hal ini di buktikan dengan adanya larangan membuang sampah serta larangan aktivitas yang bisa merusak sumber air bersih mereka.

“ kami coba manfaatkan yang ada saja, kalau menunggu PDAM mungkin masih lama, bagus kami berdayakan barang yang ada, kalau soal minum masyarakat mungkin tinggal pakai ken atau galon pun sudah cukup, yang penting untuk kebutuhan MCK kita sudah sediakan “. Pungkas Sudarwin.

Di tahun depan BUMDes akan mengambil alih pengelolaan air bersih ini, dan untuk sementara masih swadaya masyarakat untuk menanggulangi operasional seperti untuk kebutuhan minyak, perawatan pipa dan listrik. MH/31/08/2019.

 

Posted on 31 Agustus 2019, in berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: