Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Akan Mengembangkan Budidaya Rumput Laut


Santun Simorangkir Kepala DKP Kabupaten Kayong Utara menunjukan bibit rumput laut

Warta Kayong.com Kayong Utara – Dalam rangka menindaklanjuti Program Budidaya Ikan di Laut, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kayong Utara, bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, akan mengembangkan Produksi Rumput Laut.

Disampaikan Kepala DKP KKU, Santun Simorangkir bahwa Program ini akan diberikan kepada kelompok-kelompok pembudidaya ikan yang berada di Pulau Pelapis, Karimata, Kabupaten Kayong Utara.

“Kita kembangkan dulu, dari Provinsi akan membantu sekitar 1.500 kilogram bibit, tali-tali pengikat dan pelampung. Jadi, sistemnya, sistim Long Line,”terang Santun di Sukadana, Kamis (27/6).

Pihaknya berharap nanti, dengan adanya bibit dari 250 gram akan berkrembang menjadi 1 kilogram dalam kurun waktu 45 hari. Produksinya sangat cepat. Selanjutnya dari hasil ini, dikembangkan lagi kepada Kelompok-kelompok lainnya.

“Sehingga jika bibit sudah tersedia, barulah masyarakat berproduksi. Dan dari sisi penampung, sekarang sedang disiapkan jalinan kerjasama antara Pemkab Kayong Utara dengan Pembudidaya rumput laut asal Lampung,”terang Santun lagi.

Lebih lanjut dijelaskannya, Pembudidaya asal Lampung ini sudah memiliki Pabrik dan pasaran di luar negeri, yang nantinya akan menampung hasil budidaya para Nelayan kelompok pembudidaya. 1 kilogram rumput laut akan dihargai antara 500 sampai 1000 rupiah per kilonya.

Dijelaskan Santun, Budidaya Rumput Laut ini, sudah tersedia penampung atau pihak ketiga. Yang sudah ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama yang mengikat kedua belah pihak.

Dirinya juga berharap masyarakat bisa mengerjakan budidaya ini dengan sungguh-sungguh. Karena ini bisa menjadi penghasilan tambahan atau pekerjaan sampingan para Nelayan pada saat mereka tidak melaut.

WIN/A.M

Posted on 27 Juni 2019, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: