Jadi Rujukan Pertama di KKU, Puskesmas Teluk Batang Untuk Pasien Tuberculosis


Wartakayong.com – Menjadi tempat rujukan bagi penderita Tuberculosis (TBC), Puskesmas Telok Batang menjadi satu-satunya pusat pelayanan tingkat pertama di KKU.

Mengenai hal itu, disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan KB, Bambang Subarkah usai peluncuran program khusus Tuberkulosis,pada Kamis, (20/6)lalu.

“Puskesmas Teluk Batang kedepanya akan dijadikan percontohan sistem pelayanan pasien dengan Tuberkulosis di Kayong Utara, setingkat Puskesmas,” ucap Bambang.

Sebagai pusat layanan bagi para penderita TBC, selayaknya disiapkan peralatan dan tenaga khusus dan sistem administrasi khusus untuk tuberkulosis seperti alat Tes Cepat Molekuler (TCM)

“Ini alat baru, hanya Rumah Sakit Sultan Jamaluddin 1 dan Puskesmas Telok Batang yang tersedia,” timpalnya lagi.

Diterangkan Bambang Subarkah bahwa untuk suatu pelayanan alur yang lama, pasien tuberkulosis jika akan mengambil obat TB atau hendak berobat dengan penyakit yang lain, maka pasien harus antre di loket untuk mengambil Rekam Medik juga pelayanan di poly umum untuk dapat pemeriksaan dokter,kemudian antre di apotek untuk ngambil obat. Namun untuk pelayanan di program baru ini pasien akan mendapatkan pelayanan khusus.

“Privasi atau kerahasiaan pasien akan dijaga, dan tidak dibuka kesemua orang termasuk kepada petugas umum,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, selain menjadi puskesmas percontohan, ke depannya setiap puskesmas di KKU direncanakan akan di jadikan model penanganan penyakit tertentu, contoh Puskesmas Sukadana menjadi puskesmas model ODGJ (orang dengan gangguan jiwa ), Puskesmas Seponti Model penyakit kusta, Puskesmas Melano model pelayanan HIV AIDS.

Ade Heryanto selaku Kepala Puskesmas Telok Batang,merasa hal tersebut merupakan terobosan baru yang lebih innovtif dan terfokus. Dimana Puskesmas yang ia pimpin dijadikan sebagai puskesmas percontohan.

“Disatu sisi ini adalah tantangan, dan ini juga bentuk kepercayaan dari pimpinan dalam peningkatan pelayanan dan kami berkomitmen untuk mendukung program ini untuk terlaksana dengan baik,” tukas Ade Heryanto.

Ade Heryanto juga berkomitmen akan memotivasi para petugas medis di lingkungan Puskesmas Telok Batang agar saling bahu membahu dan bekerjasama dalam pelayanan.

WIN/A.M

Posted on 21 Juni 2019, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: