Peringati Hari Lahir Pancasila,Pemkab Kayong Utara Laksanakan Apel Bendera


IPTU Candra bertindak sebagai komandan Upacara, dalam Upacara peringatan hari lahir Pancasila

Wartakayong.com, Kayong Utara – Pada Hari ini Sabtu 1, Juni 2019, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melaksanakan Apel Bendera guna memperingati “Hari Lahir Pancasila” bertempat di Halaman kantor Dinas Pendidikan.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Wakil Bupati Effendi Ahmad, dengan komandan upacara oleh IPTU Candra, Kapolsek Sukadana, yang diikuti peserta upacara oleh seluruh Forkopimda dan ASN serta Pejabat Honorer di lingkungan Pemkab Kayong Utara.

Hadir dalam Upacara, Kapolres AKBP Asep I.Rosadi, M.P.A, Waka Polres Kompol Suryanto, Lo Dandim Mayor Inf. Budi Sumarjono, ibu Setda Hj. Hilaria Yunani, para kepala OPD, Para Kasat di jajaran Polres.

H.Effendi Ahmad, S.Pd.I bertindak sebagai Pembina Upacara, peringatan hari lahir Pancasila pada Sabtu 1 Juni 2019

Dalam amanatnya H. Effendi Ahmad mengatakan “Secara antropologi dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa Pra-aksara hingga zaman sekarang”.

“Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman, Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para pendiri Bangsa merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Allah Subhana wata ala Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia,”katanya Effendi Ahmad.

Lebih lanjut dikatakannya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang azasi harus terus diperjuangkan.Keberagaman kondisi geografis plora dan fauna, hingga aspek antropologi sosiologis masyarakat, hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Dari kiri: H. Rawi, Kompol Suryanto, H. Effendi Ahmad,AKBP Asep I. Rosadi, dan Mayor Inf. Budi Sumarjono

“Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila, harus dilakukan, diperjuangkan terus menerus. Pancasila tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya lagi.

Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun taman sari kebudayaan yang memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai ekosistem yang sehat,”tegasnya lagi.

Dikatakannya,” Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua”. Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan bangsa yang ada.

“Melalui memperingatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2019 Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita semua harus terus menerus dengan cara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai Dasar Negara, ldiologi Nrgara pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan bagi seluruh Bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan bangsa yang rukun dan damai adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, kita Indonesia, kita Pancasila,” tutup Effendi Ahmad mengakhiri amanat yang dibacakannya.

A.M

Posted on 1 Juni 2019, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: