Dinas Pendidikan dan SMKN 1 Sukadana adakan Kemah Budaya SAKA Widya Budaya Bakti


Wartakayong.com, Sukadana – 13/12/2018. Dalam waktu yang cukup singkat Saka Widya Budaya Bakti yang terbentuk di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, telah sukses melakukan kegiatan Kemah Budaya bersama Kwarcab Pramuka Kabupaten Kayong Utara, bersama SMKN 1 Sukadana di Bumi Perkemahan SMKN 1 Sukadana.

Kegiatan yang dilaksanakan beberapa hari lalu sejak tanggal 7 hingga 9 Desember 2018, diikuti 100 peserta dan melibat berbagai nara sumber yang kompeten dibidangnya.

Jumadi Gading Kabid kebudayaan dinas pendidikan Kayong utara mengucapkan terimakasih kepada para nara sumber yang telah terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kita Mengucapkan terimakasih kepada Polres Kayong Utara yang telah mengirimkan nara sumber untuk kegiatan, begitu juga dari para Budayawan yang telah terlibat,” tutur Jumadi Gading saat ditemui awak media.

Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan adalah dalam rangka membekali keterampilan anggota gerakan pramuka dengan muatan materi kebudayaan.

“Kegiatan yang menarik bagi kaum muda dimana mereka meninggalkan rumah, pergi ke alam terbuka dan mendirikan tenda untuk berkemah serta melakukan berbagai aktivitas edukatif, rekreatif, inovatif, dan kompetitif antara lain berpetualang, menjelajah/napak tilas rute sejarah, pentas seni budaya,” imbuh Jumadi.

DiJelaskan Jamani Ketua Pelaksana Kegiatan yg juga pembina aktif sanggar teater sekuter, dalam mengikuti kegiatan ini para peserta sangat antusias sekali, apalagi diselingi pemutaran film tentang cagar budaya.

“Mereka juga kita ajak mengunjungi aset Cagar Budaya yang ada d Sukadana yakni, Makam Ratu Nirmala dan Makam Raja –raja sukadana,” jelas Jamani.

Di tambahkan Jamani, dapun narasumber kegiatan ini diisi oleh beberapa nara sumber. Ada Kak Adang dari Polres Kayong Utara yang menerangkan bagaimana tata cara pelaporan jika ditemukan pengrusakan terhadap cagar budaya. Kemudian ada Miftahul Huda bersama Kus Hartiyanto yang mnegnalkan krida film kepada para peserta, kedua insan film lokal ini, yang beberapa waktu lalu ini telah meluncurkan Film Bunga Arum Cempane yang lagi promo di tengah masyarakat. Selain itu juga ada dua budayawan dan ahli sejarah lokal, yakni Raden Jamrudin yang juga menyampaikan materi. Materi mengenai kesenian daerah juga tak kalah menarik, peserta disuguh pemateri yang sekaligus pemain musik melayu yakni Raden Jamhari. Juga ada aktivis dan pembina pramuka yang juga menyampaikan materi yakni, Kak Nopaliana Asfar.

” Kami mengucapkan terimkasih kepada semua yang telah terlibat dan membantu kegiatan ini. Terutama kepala SMKN 1 Sukadana, Pak Tulus,” jelas Jamani lagi.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan, hal ini diakui Jamani yang melibatkan Pangkalan yang ada di SMKN 1 Sukadana. Dirinya berharap, tahun depan Dinas Pendidikan dapat memfasilitasi lagi kegiatan serupa dengan melibatkan peserta yang lebih banyak.

A.M/WIN.

Posted on 12 Desember 2018, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. keren

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: