Kisah Eko Siswanto, Penemu Pupuk Organik Super Asal Kasyong Utara Kalimantan Barat


Bermula dari hoby dan keprihatinanya, Eko Siswanto, yakni seorang warga Desa Medan Jaya Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat,  yang juga sebagai guru tersebut melakukan inovasi di bidang pertanian dengan mengolah berbagai kotoran hewan menjadi bernilai rupiah dan dapat menyerap lapangan pekerjaaan.

lantas bagaimanakah semua ini bermula ?. ternyata butuh perjuangan dan kesabaran yang luar biasa. di tahun 2010 ia memulai usahanya mengoelah kotran hewan menjadi pupuk organik .

Awal mulanya ia memakai pupuk tersebut untuk kebutuhan sendiri, namun setelah melihat hasilnya yang luar biasa , akhirnya banyak yang memesan dengannya.

Pupuk organik yang ia ciptakan memiliki komposisi dan kombinasi yang baik, sehingga hasil tanam yang di hasilkan sangat memuaskan bagi para petani.

Merambat pelan tapi pasti , usaha yang ia kelola kemudian maju pesat, pesanan dari mana mana datang, bahkan per bulan ia memproduksi pupuk organik dalam jumlah yang sangat besar.

Pemerintah Desa Medan Jaya sendiri juga mendorong masyarakatnya untuk melakukan inovasi, tak terkecuali dibidang usaha yang di lakukan eko siswanto, pada tahun 2017 lalu pemerintah desa medan jaya memfasilitasi memberikan pembinaan serta pendampingan terhadap usaha yang di lakukan eko siswanto melalui kelompok pertanian yang ia dirikan bersama masyarakat sekitar.

Dapat di ambil pelajaran, dengan keberanian mencoba serta inovasi yang baik, terbukti usaha yang di lakukan oleh eko siswanto menjadi dampak positif bagi perekonomian keluarga serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Ke depan harapannya melalui usahanya tersebut, desa medan jaya dapat menjadi pusat pertanian serta sentra produksi pupuk organik yang menjadi salah satu solusi bagi masyarakat petani pada saat ini.

Selengkapnya Saksikan Video Nya di sini :

 

Posted on 13 November 2018, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: