Rian, Harapkan Kerjasama Yang Baik Kepada Warga Untuk Mensukseskan Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018


 

Enumerator Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, Kecamatan Simpang Hilir Melakukan Poto Bersama Rumah Tangga di jalan Gusti Rom, desa Teluk Melano. Poto Ist. Sabtu ( 7/4/2018)

Kayong Utara- Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 yang di laksankan oleh kementerian kesehatan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) sudah di laksanakan sejak tanggal 6/4/2018).

Rian salah satu Enumerator Riskesdas yang bertugas melakukan riset di kecamatan simpang Hilir menceritakan pengalam yang di alami bersama timnya,” kami di dampingi oleh petugas dari BPS sebagai penunjuk jalan, dan juga di awasi serta di berikan bimbingan dalam pengisian kuisioner,” terang Rian Salah Pria Berkulit sawo matang yang keseharianya bertugas sebagai perawat di Puskesmas Sukadana saat di Konfirmasi. Sabtu (7/4).

Menurutnya permasalahan kesehatan yang di hadapi masyarakat di desa Teluk Melano masih jauh dari kata layak.

“ Tidak bisa di pungkiri, kekurangan air bersih menjadikan hidup, bersih dan sehat berkurang, belum lagi pengetahuan masyarakat tentang penyakit menular masih banyak yang belom di ketahui,” ucap riyan.

Kegiatan Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018 desa Teluk Melano. Poto Ist. Poto Ist. Sabtu ( 7/4/2018)

Dalam melaksanakan tugas di lapangan , ia bersama para sahabatnya mengalami kendala beberapa kendala, namun dengan penuh semangat tugas dapat di laksankan dengan baik.

“ Dalam 3 hari, kami harus menyelesaikan pengisian kuisioner sebanyak 701 soal dengan jumlah 10 Rumah tangga (Ruta), namun belum tentu ketemu semua anggota keluarganya sehingga kami harus mendatangi kembali,” kisahnya.

Permasalahan kemiskinan menjadi alasan pola hidup sehat berkurang, di tambah lagi lansia yang kurang memiliki semangat untuk hidup. Dengan adanya riskesdas, Rian berharap hasilnya dapat di jadikan acuan untuk meningkatkan program kesehatan lima tahun mendatang.

Kegiatan Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018 desa Teluk Melano. Poto Ist. Poto Ist. Sabtu ( 7/4/2018)

“ Keluhan yang di sampaikan warga adalah tingkat ekonomi yang rendah, di tambah lagi lansia yang hilang semangat untuk melanjutkan hidup, ini masalah? Semoga dengan adanya riskesdas natinya pemerintah daerah memberikan program yang tepat untuk mencarikan solusinya,” doa Riyan.

Mengingat riskesdas di laksanakan tahun 2018 ia mengharapkan kerjasama yang baik kepada warga untuk pro aktif mensukseskan kegiatan tersebut.

“ Kami murni melakukan riset kesehatan, tanpa adanya embel-embel politik. Jadi mohon dengan hormat kepada tokoh masyarakat, perangkat desa untuk memberikan pemahaman kepada warganya,” harap Riyan. MJ/8/4/2018

Posted on 8 April 2018, in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: