Irawansyah Abdul Wahab, Ubah Air Payau Menjadi Air Tawar Untuk Budidayakan Ikan Nila


 

Irawansyah Abdul wahab, Anak Nelayan Penemu Metode Penyulingan Air Payau Menjadi Air Tawar Untuk Budidaya Ikan Nila di Daerah Pesisir Pantai.Poto Ist/WK Team.Sabtu (24/2/2/2018).

Kayong utara.wartakayong.com-Budidaya Ikan air tawar di Kabupaten Kayong Utara (KKU) saat ini sedang dikembangkan banyak masyarakat, satu diantara yang mengembangkan ikan air tawar adalah Irawansyah warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Hilir yang mengubah air payau menjadi air tawar dengan menggunakan metode  penyulingan.meskipun metode ini sudah di laksanakan di berbagai daerah, namun di Kabupaten Kayong Utara hal ini merupakan kali pertama di terapkan.

Menurut Iwan, Sebutan Akrab Pria Berdarah Bugis yang sejak kecil terlahir dari keluarga nelayan ini.

“ Sejak kecil saya di lahirkan dari keluarga nelayan yang bekerja di laut, namun sekarang saya dengan kemampuan Sumberdaya Manusia (SDM) yang terbatas mencoba mengembangkan ikan nila dengan air olahan,” ucap Iwan.

Drum Penampungan Olahan Air Payau Yang di alirkan kedlam Lima Kolam Berukuran Besar.Pto MJ.Sabtu (24/2/2018).

Lebih lanjut Irawansyah menceritakan proses olahan air payau yang di terapkanya, hingga menjadi air tawar/normal kadar air asinnya.

“ Saya gunakan metode penyulingan dengan memasang pipa yang di sambungkan ke masing-masing kolam, dan di sedot menggunakan tenaga listrik yang di tampung dalam drum dengan kapasitas dua ratus liter air yang di saring dengan menggunakan serabut aren/nou dengan debit enam ribu liter perjam,” jelasnya.

Budidaya ikan Nila yang di datangkan dari pulau jawa sebanyak lima ribu ekor ini, menurut Irwansayah belum di katakan seratus persen tawar, namun tingkat kematian sangat minim.

“ Ikan ini sudah berumur dua bulan, alkhamdulillah hingga saat ini berkembang dengan baik. Memang ada sih yang mati, namun itu akibat pengiriman dari jawa yang seharusnya 12 jam kemampuan okisgen di dalamnya, tetapi baru sampai di tempat dengan waktu 15 jam,” imbuhnya.

Dengan adanya berbagai progam yang digalakkan Gerbang Tani KKU di bawah  binaan Partai Kebangkitan Bangsa, Iwan Berharap pembinaanya bukan hanya di laut saja.

“ kepada Bapak Daniel Johan, jika bersedia memberikan bantuan untuk riset yang saya lakukan ini, supaya manfaatnya dapat di rasakan oleh masayarkat luas,” harap Iwan. MJ/24/2/2018

 

Posted on 24 Februari 2018, in berita, Tokoh and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: