Akibat Tergenang Air Asin,Hasil Panen Padi Petani Seponti Menurun


 

Panen Padi Perdana Poktan Sidodi Desa Seponti Jaya Kecamatan Seponti.Poto Fathul Bahri,Senin(5/2/2018).

Kayong Utara.Wartakayong.com – Hamparan Lahan pertanian di kecamatan Seponti Cukup luas,Kurang Lebih 437 Hektar lahan yang berlokasi TR.0A dan TR.0B tergolong tipe sawah pasang surut, Musiran satu diantara kelompok tani yang mengeluhkan menurunya Produktifitas hasil padi disetiap musimnya.bahkan lahanya terancam tidak ditanam, karena air asin dari sungai seponti selalu menggenangi lahan pada saat air pasang.

mas fathul padi kami yg di TR 0 B produksinya semakin menurun setiap musimnya..bahkan lahanya terancam tidak ditanam, karena air asin dari sungai seponti selalu menggenangi lahan pada saat air pasang, mohon maaf kira-kira gimana ya cara mengatasinya?? “begitulah pertanyaan pak De Musiran,”Kisah Fathul Bahri saat pertemuan panen padi di TR. 0A Desa seponti jaya Senin,(1/2/2018) lalu,

 Dalam pertemuan tersebut Musiran Menanyakan Bagaimana cara mengatasi selain dengan membangun tanggul Air Asin.

upaya untuk meningkatkan produktivitas lahan seperti ini dpt dilakukan dg dua cara,Pertama Jikalau penanggulan air asin sepanjang 7 Km bisa di lakukan pada lahan tersebut maka indeks pertanaman padi bisa menjadi 2 kali tanam dalam setahun.Artinya pertanaman yg semulah hanya 437 ha saja dalam satu tahun, akan menjadi 874 ha luas tanam jikalau setahun kita lakukan 2 kali pertanaman.Kedua dengan adanya penanggulan air asin tanaman padi tidak teracuni lagi sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi normal dan sehat produktivitas per hektar pun menjadi meningkat dengan catatan mengedepan pengolahan tanaman terpadu. Dengan kata lain hari ini hanya 2,7 ton/ha dengan adanya tanggul air asin dan pengolahan tanaman terpadu akan meningkat 4 ton/ha,”Jawab Fathul Bahri dengan Nada Lembut Memberikan Harapan kepada Petani di Desa Seponti saat acara Panen.

Fathul Bahri cukup kaget Saat Musiran memohon agar di bangunya Tanggul Air Asin di Kawasan Seponti.

“Alamakkk…ini pertanyaan nujunye bukan ke dinas saye pak de Musiran,tapi pertanyaan ini haros ke dinas PU karene urosan tanggol menanggol air asin urusan dinas PU dan mereke punye dana cukop besar untuk itu,apelagi urosan mendukong pertanian dinas PU punye mate anggaran tersendiri yg disebout DAK mendukung kedaulatan pangan,”kaget fathul bahri.

Fathul Bahri juga menanggapi permohonan Musiran terkait Pembanguanan Air Asin yang semestinya di bangun oleh Dinas Pekerjaan Umum tersebut.

“Insya Allah,ini akan saye sampaikan ke orang PU pak de musiran,” jawanya.

MJ/8/2/2018.

Posted on 8 Februari 2018, in Warta Desa and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: