TERUNGKAP !! Kerajaan Tertua Di Kalimantan Barat, Film JEJAK TANJUNG PURA EPISODE 1 Silsilah keturunan


Merentang benang merah sejarah yang panjang ….

Berawal dari nama bakulapura …

kemudian …meniti perjalanan seorang putra majapahit hingga ke borneo….

Lalu …memasuki sungai pawan wilayah kerajaan suku dayak masa lalu…

Dan mempersuntung seorang putri …

Dari sinilah awal mula tanjung pura berdiri, …

dari benua lama, mengayunkan langkah ke Sukadana hingga beberapa keturunan ….kemudian dari sukadana hingga ke sungai matan.

Di ujung perjalananan ….inilah cikal bakal penyebaran raja raja di seluruh kalimantan barat …

Segment 1

 

  1. Kerajaan Tanjung Pura adalah kerajaan tertua di kalimantan barat, yang pada masa lampau pernah mengalami masa masa kejayaan dan pusat peradaban. Kerajaan Tanjung pura pada masa lalu ini terletak di Kabupaten kayong utara, dan di perkirakan berdiri pada abad ke 13 hingga 15 masehi  di masa kekuasaan majapahit mulai memudar.
  2. Namun jauh sebelumnya, Pada pertengahan abad ke 12, sekitar Tahun 1284 msehi, Tanjung pura yang saat itu di sebut dengan nama “Bakula Pura”, pernah menjadi salah satu provinsi kerajaan Singosari, yakni di masa pemerintahan Raja Kerta Negara yang mengadakan ekspedisi pamalayu, dengan tujuan utama menaklukan pulau sumatra atau swarnabhumi, lalu di susul daerah daerah lain termasuk pulau kalimantan hingga ke Bakula pura.
  3. Nama Bakulapura menurut bahasa sansekerta beasal dari kata “Bakula” yang berarti bunga Tanjung. lalu di kemudian hari di abad 13, resmilah nama ” Tanjung Pura” sebagai kerajaan yang berdiri dengan agung.
  4. Di dalam Kitab Negara Kerta Gama, karangan Mpu Prapanca yang hidup di zaman Majpahit. Nama Tanjung Pura, Bahkan melano dan kendawangan,  di sebut sebut sebagai salah satu daerah yang menjadi target penyatuan wilayah nusantara dalam sumpah amukti palapa oleh gajah mada pada tahun 1365 Masehi.

Segment ke 2

  1. Dari catatan sejarah, tentang silsilah kerajaan yang tulisan aslinya dalam bahasa arab melayu dan sebagian di salin oleh Gusti maerat atas permintaan Gusti M. Saleh Wedana Sukadana pada Tahun 1956, secara terperinci menjelaskan asal muasal keturunan kerajaan tanjung pura berasal dari kerajaan Majapahit.
  2. Bermula ketikaa brawijaya yang sedang menderita sakit karena di racuni oleh saudara saudaranya, maka di hanyutkan lah ia pada sebuah rakit di lautan yang luas, berbulan bulan ia bersama para dayang dan patih akhirnya sampailah di pantai selatan borneo, kemudian menyusuri sungai pawan dan berhenti di kandang kerbau.
  3. Setiap hari ia berendam di sungai tersebut, lalu ikan patin belang ulin menjilati penyakit boroknya hingga sembuh. Maka hingga saat ini semua keturunan raja brrawijaya pantang memakan ikan tersebut.
  4. Selanjutnya, Brawijaya bertemu dengan seorang wanita yang bernama Dayang putung yang tidak memiliki tangan dan kaki,. Maka dengan izin ayah angkat dayang putung yang bernama siak bahulun, dayang putung di boyong ke jawa guna di obati.
  5. Sesampainya di jawa dayang putung lalu di lamin 3 kali selama tujuh hari tujuh malam , kemudian secara ajaib sembuhlah kaki dan tangannya. sejak saat itu di alilhlah nama dayang putung menjadi putri junjung biuh. Dan dari sinilah awal mula adat melamin bagi anak perempuan setelah datangnya bulan.
  6. Sedangkan saudara saudara Brawjaya yang berbuat aniaya dikenai hukuman lima suku sepanjang keturunannya. Kelima suku inilah yang berhak menyelenggarakan prosesi ritual pengangkatan dan penobatan raja. Di antara kelima suku ini adalah, yang pertama Maya agung: bertugas menerima utusan yang datang dan bertindak sebagali wakil raja atau hulubalang.Yang ke dua ; mengkalang, yang bertugas menalangi raja terhadap tugas tugas yang tidak dapat di laksanakan raja.Yang ke tiga ; priyayi atau rerahi  atau muka raja, berhak menjadi raja sehari saat wafatnya raja.Yang ke empat ; siring; bertugas mengiringi raja dan pemegang pusaka raja.Yang ke lima ; mambal bertugas sebagai penambal adat, atau mememunihi sesuatu yang kurang dari raja. Dan di kemudian hari bertambah lagi satu suku yakni panya yaitu suku dari daerah asal

Dari keturunan brawijaya inilah kelak lahir kerajaan tanjung pura dan  raja raja di seluruh pulau boneo yang menyebar di berbagai daerah.

Demikianlah Sejarah kerajaan tanjung pura episode pertama.. nantikan selanjutnya episode berikutnya  …hanya di chanel WK … terima kasih telah menyaksikan tayangan kami . WK Team

 

Posted on 28 November 2017, in berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: