Terungkap Asal Usul Sejarah Nama Kayong Utara


Abdul rahman sh memberikan pemaparan mengenai sejarah nama kayong utara

Kayong Utara adalah nama kabupaten baru,yang di mekarkan dari Kabupaten Ketapang pada tahun 2007. dari hasil pemekaran tersebut, pembangunan di berbagai sektor perlahan mulai meningkat.

Sejak 10 tahun terakhir, kepemimpinan H.Hildi Hamid selaku bupati Kayong Utara,  yang mengusung dua program Unggulan, Yakni Pendidikan dan Kesehatan gratis yang mampu mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya adalah penghargaan Pedulai HAM, dari kementrian hukum dan hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

 Dari berbagai sumber, menyebutkan nama Kayong utara tersebt sebenarnya sudah jauh sebelum Kabupaten Kayong Utara terbentuk. Kayong merupakan panggilan untuk wilayah Ketapang secara keseluruhan. Ada yang menyebutkan bahwa nama Kayong sama dengan Pekayon atau Kerajaan. Ada juga yang menyebutkan nama kayong berasal dari nama kayangan.

Di wilayah Kabupaten Kayong Utara (sekarang ) dahulunya ada sebuah kerajaan besar yang bernama Tanjung Pura. lalu kemudian kerajaan besar  tersebut berpecah menjadi kerajaan kerajaan kecil di antaranya adalah kerajaan Indr Laya , Kerajaan Matan, Kerajaan Simpang , dan Kerajaan Sukadana baru atau new brusel. Kerajaan-kerajaan ini memainkan peranan yang cukup penting dalam percaturan sosial politik di pantai barat pulau Borneo.

 

 

Dalam salah satu moment mengenai workshop penulisan sejarah lokal, Abdurrahman SH, salah satu tim pemekaran, ketua divisi kecamatan Pulau Maya menjelaskan hal yang mendasar mengapa para penggagas memilih nama Kayong Utara adalah karena masyarakat di lima Kecamatan yang tergabung dalam Kabupaten Kayong Utara saat ini, tidak ingin melepaskan identitasnya sebagai orang Ketapang.

” Sebenarnya keputusan memilih nama Kayong Utara sebagai nama kabupaten baru ini, tidak mudah. Keputusan diambil berdasarkan pengundian setelah melewati berbagai Ritual adat dan juga keagamaan.” Jelasnya.pada senin 21/11 di Balai Praja Sukadana.

Abdurrahman SH,juga  mengisahkan bahwa penentuan nama kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Ketapang adalah dengan sistem cabut undi dengan penuh khidmat dan ritual yang sakral.

Setiap kecamatan mengajukan nama untuk diusulkan sebagai calon nama kabupaten baru. Empat kecamatan itu adalah Sukadana mengusulkan nama Muara Palong, Kecamatan Pulau Maya juga mengusulkan nama yang sama yaitu Muara Palong. Kecamatan Teluk Batang mengusulkan nama Kayong Utara, dan Kecamatan Simpang Hilir mengajukan nama Matan raya .

Pencabutan undi  dilakukan dua kali. Pada penarikan yang pertama keluarlah nama Kayong Utara. Kemudian dilakukan lagi penarikan yang kedua, dan lagi lagi,  keluar nama Kayong Utara. Sehingga panitia menetapkan Kayong Utara sebagai nama kabupaten yang akan di usulkan ke tingkat lebih lanjut.

Kemudian dari hasil kesepakatan tersebut, tim pemekaran berjuang terus hingga nama tersebut  di syahkan sehingga menjadi kabupaten kayong utara pada saat ini. MJ/24/11/2017

Selengkapnya bisa tonton videonya di sini :

Posted on 25 November 2017, in berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: