Misteri Tikungan Melie – Rantau Panjang


misteri tikungan mentubang Rantau Panjang kayong utara hantu

* Legenda Tok Ngah Guntong

Jika kita dari Teluk Batang Menuju ke sukadana, pasti kita akan melewati tikungan ini. Letak tikungan ini masih berada di areal wilayah Desa Harapan Mulia kecamatan sukadana, jika turun jembatan perbatasan kecamatan simpang hilir dan kec. Sukadana, jalan saja lurus kemudian kita tak lama akan menjumpai tikungan misteri ini.

Al kisah pada zaman dahulu areal sekitar wilayah tikungan Melie  tersebut merupakan pemukiman warga di era sebelum kemerdekaan ke belakang. Maka tidak heran jikalau di sana saat ini ada di temukan bekas bekas reruntuhan bangunan lama serta benda benda keramik bahkan perkuburan. Orang dahulu menyebut daerah itu bernama Terus jawa atau biasa di sebut sebagai kampung sungai bagan.

Kemudian pada tahun 1917, pelan pelan kampung sungai bagan di tinggalkan penduduknya. Banyak di antara mereka yang pindah ke wilayah Tembok Baru ( Desa Rantau Panjang ), Kampung Melie ( Desa Harapan Mulia ), serta daerah daerah lain. Tidak tahu pasti apa yang menyebabkan para penduduk bermutasi hingga akhirnya tak satupun yang mendiami daerah tersebut hingga kini.

misteri tikungan mentubang Rantau Panjang kayong utara hantu mengerikan

Tikungan Melie dari dahulu hingga sekarang terkenal begitu angker, bau mistis akan terasa apabila kita berhenti di areal tikungan tersebut. kerap kali para warga berjumpa dengan sosok penampakan makhluk halus yang sering menyerupai sebagai seorang wanita berambut panjang (kuntilanak). Atau beberapa mahluk menyerupai manusia sedang bermain main di jalan tersebut.

Fajaruddin seorang warga rantau panjang mengisahkan, pernah suatu malam ia bersama temannya ketika pulang di tikungan melie tiba tiba saja ia melihat seorang perempuan sedang duduk di tengah jalan sambil tersenyum ke arahnya. Kontan saja ia terkejut dan mengerem mendadak, Hampir saja ia terjatuh. Tak beberapa lama sosok wanita tersebut kemudian raib. Fajar yang sudah bisa melihat penampkaan santai saja, hanya temannya yang ketakutan.

Lain pula yang di kisahkan Hayani usia 44 Tahun, warga sukadana. Ia mengenang ketika tahun 1980 an, kala itu saat ia masih SD a masih ingat di areal dekat tikungan tersebut ada satu orang saja yang tinggal. Namanya Tok Ngah Guntung, ia sudah berusia lanjut dengan profesinya berkebun kelapa dan sambil berburu. Tok Ngah Guntung ini juga teman dari Ayahnya Hayani, sehingga dalam perburuan mereka sering berdua atau berkelompok.

Tok Ngah Guntung bukan orang sembarangan, ia terkenal memiliki kesaktian. Namun kesaktiannya hanya di gunakan jikalau dalam keadaan kritis saja. Di kisahkan Hayani, saat itu Ayahnya bersama Tok Ngah Guntung pergi berburu bersama sama pada malam hari untuk berburu. Namun karena nasib kurang beruntung, menjelang pagi hari mereka masih belum mendapat binatang buruan sama sekali.

Saat saat kritis itu tiba tiba saja Tok Ngah guntung mengeluarkan senapan lantaknya ke arah batang kayu yang Tumbang. Sang Ayah Hayani keheranan melihat Tok Ngah guntung mengarhkan senapan ke batang kayu yang tidak ada binatang buruan sama sekali. Namun begitu ia mengatmati Tok Ngah guntung yang kemudian dengan penuh konsentrasi dan bibir masih komat kamit membaca Lafdzh ilahi, sesaat ia menahan nafas kemudian menarik pelatuk senapan lalu terdengar bunyi, Dooooorrr. Dalam sekejap batang kayu tersebut berubah menjadi seekor Rusa. Ayah Hayani kagum akan kemampuan Tok Ngah Guntung.
Setelah Tok Ngah Guntung meninggal, tidak ada lagi yang menghuni areal sekitar tikungan melie itu hingga saat ini. (Miftahul Huda)

Posted on 25 November 2014, in Misteri and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: