Sekelumit Sejarah DPRD Kayong Utara


cover pelantikan dprd ketua

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kayong Utara (KKU) pertama kali dibentuk sebagai akibat undang-undang nomor 6 tahun 2007 (UU 6/2007) tentang Pembentukan Kabupaten Kayong Utara. 

Mengacu pada aturan, DPRD kabupaten paling sedikit harus diisi minimal 20 legislator. Imbasnya ketika KKU mekar dari Kabupaten Ketapang, 20 legislator peraih suara terbanyak di Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif tahun 2004 ketika masih menginduk Kabupaten Ketapang, diangkat untuk mengisi DPRD KKU.

Praktis ke-20 legislator terpilih yang didaulat sebagai legislator Kayong Utara pada tahun 2007 ini, tercatat menorehkan sejarah sebagai “legislator pertama di KKU” sejak dimekarkan tahun 2007.

Bertindak sebagai caretaker Ketua DPRD KKU, Abdul Karim dari Partai Golkar. Kemudian setelah pemilihan, ketua DPRD KKU yang pertama dinakhodai H Ibrahim Dahlan, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) KKU. Lembaga legislatif pertama KKU itu harus bekerja dengan segala keterbatasan, imbas sebagai daerah yang baru dibentuk.

Gedung Serba Guna Kecamatan Sukadana dipakai sebagai markas pertama para legislator KKU itu. Secara bertahap dilakukan pembenahan gedung di sana-sini agar gedung wakil rakyat tersebut, sedikit memadai untuk dipakai. Hingga kini pada periode ketiga masa bakti DPRD KKU, gedung baru belum dibangun. Akan tetapi pembenahan terus dilakukan hingga terlihat lebih representatif.

dprd kku 3

Masa bakti para legislator pendahulu ini berakhir tahun 2009. Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2009, menghasilkan dewan terpilih untuk masa khidmat (pelayanan) 2009-2014. Tepatnya ketika  pengangkatan anggota DPRD KKU periode 2009-2014. Praktis sekitar dua tahun mereka berkarya sekaligus meletakkan batu pertama pendirian DPRD KKU.

Periode kedua keanggotaan DPRD KKU diisi berdasarkan Pileg 2009, KKU sudah menjadi kabupaten sendiri. Sebanyak 20 kursi yang diperebutkan berdasarkan kuota kursi yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) KKU yang diikuti 38 partai politik (Parpol) dalam Pileg 2009.

Pemilu dengan sistem proporsional terbuka, menjadi ajang untuk pertama kali bagi rakyat KKU memilih legislatornya sendiri sejak dimekarkan tahun 2007. Kontestan yang mencapai 38 Parpol bersaing, hanya sepuluh partai yang mendapatkan kursi di parlemen KKU.

Parade perolehan kursi berdasarkan perolehan kursi dan suara terbanyak, Partai Golkar raih 4 kursi, PPD 4 kursi, Demokrat 2 kursi, PDI Perjuangan 2 kursi, PPP 2 kursi, PBR 2 kursi, PKS 1 kursi, PAN 1 kursi, Hanura 1 kursi, dan PDK 1 kursi.

Pada Pileg 2009, KPU KKU hanya membagi dua daerah pemilihan (Dapil), yaitu Dapil 1 meliputi Kecamatan Sukadana dan Simpang Hilir. Kemudian Dapil 2, meliputi Kecamatan Teluk Batang, Seponti, dan Kecamatan Pulau Maya Karimata. Masing-masing Dapil diberikan kuota sebanyak sepuluh kursi, sehingga total kursi yang diperebutkan berjumlah 20 kursi.

dprd kku

Sayangnya, Partai Golkar sebagai peraih suara dan kursi terbanyak dalam Pileg 2009 hanya bisa mengirim tiga dari empat calon terpilihnya pada pelantikan anggota DPRD KKU pada 4 September 2009. Sebab, salah satu dari mereka harus menunggu proses hukum yang sedang dijalaninya.

Pada saat itu hanya 19 anggota DPRD KKU yang dilantik. Komposisi anggota DPRD KKU yang aktif sebanyak 19 orang ini, bertahan hingga di tahun 2014 baru terisi.

Untuk memenuhi ketentuan Undang-undang, anggota DPRD KKU harus meleburkan dirinya dalam fraksi-fraksi. Akhirnya terbagi menjadi empat fraksi. Yakni, Fraksi Partai Golkar (FPG) beranggotakan 4 legislator, Fraksi Persatuan Daerah (FPD) beranggotakan 4 legislator, Fraksi Kerakyatan beranggotakan 7 legislator gabungan dari PKS, PDIP, PPP, dan Hanura. Selebihnya tergabung di Fraksi Demokrat Amanat Reformasi (FDAR) yang beranggotakan 5 legislator, gabungan dari PBR, PAN, serta Demokrat.

Pileg KKU 2004

Pada 9 April 2014 lalu, baru saja dilaksanakan gawai pesta demokrasi lima tahunan berupa Pileg 2014. Hasil Pileg ini bakal melanjutkan estafet amanat rakyat KKU. KPU KKU telah menetapkan calon terpilih dalam Pileg 2014.

Namun kali ini sedikit berbeda. Kursi yang diperebutkan meningkat menjadi 25 kursi, sebagai akibat bertambahnya jumlah penduduk KKU. Dapil yang sebelumnya hanya dua, kini meningkat menjadi empat Dapil.

Dapil 1, meliputi Kecamatan Sukadana dengan kuota 6 kursi. Dapil 2, mencakup Kecamatan Pulau Maya dan Kepulauan Karimata dengan jatah 3 kursi. Dapil 3, diisi Kecamatan Teluk Batang dan Seponti  dijatah 8 kursi. Sedangkan Dapil 4, untuk wilayah Kecamatan Simpang Hilir dengan 8 kursi.

Perolehan kursi Pileg KKU tahun 2009, Partai Demokrat 4 kursi, PKB 3 kursi, Nasdem 3 kursi, PPP 3 kursi, Golkar 2 kursi, Gerindra 2 kursi, PAN 2 kursi, PDI Perjuangan 2 kursi, Hanura 1 kursi, PKPI 1 kursi, PKS 1 kursi, dan PBB 1 kursi.

Menunjukkan ke-12 kontestan Parpol yang berlaga di Pileg 2014, memiliki perwakilan di DPRD KKU. Separuh dari anggota DPRD KKU 2009-2014 masih mampu bertahan dan memenangkan pertandingan pada gelanggang Pileg 2014, sehingga masih berjaya untuk menduduki kursi DPRD KKU periode 2014-2019.

Mereka masing-masing M Sukardi SE MM, Syukran SAg MSi, Ishak ST, Haripin, Indra Riduani SH, H Ngadikun, Nazadola SH, H Effendi Ahmad SAg MPdI, H Alhusaini SH, dan Rinto Arifarmuji SE.  Selebihnya harus mundur teratur, digantikan pendatang baru sebanyak 15 orang, yakni Jalian SSos, H Muhammad Rawi Naim, Riduansah, Tajudin, Bukhori, Alias, Zainudin Vandio SE, Leni Yuniati, Burhan, Sahid, Sarnawi, Kuspandiah SSos, Amru Chanwari, Muhamad Sani, dan  Asnawi.

Apapun hasilnya, Pileg 2014 telah melahirkan pemimpin-pemimpin yang telah diberikan kepercayaan sekaligus beban dan tanggungjawab. Semoga mereka dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar.

ISYA FACHRUDI

Posted on 18 September 2014, in Politik and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: