SIMPANG MANDIRI Buka SEKOLAH IT DAN FILM 2014 ( Penyumbang Untuk Pendidikan Karakter )


warta kayong cover edisi ke tujuh belakang lagi belakang kiriOleh : Miftahul Huda

“Melalui pendidikan film dan Pemanfaatan informasi Tekhnologi (IT),  banyak hal hal yang dapat kita terapkan guna melakukan pembiasaan dan penyelaman melalui berbagai ide dan gagasan original, sebab pendidikan berbasis karakter bukan hanya sekedar Slogan maupun teori. Dan kenapa kita buat program Ini?. sebab teropong masa depan menyatakan bahwa dunia kreatif akan sangat berpeluang karena akan sangat di cari dan di perlukan”.

                Kreativitas tidak akan pernah ada matinya, walaupun berjalan tertaith tatih dengan berbagai keterbatasan namun tidak membatasi Komunitas Simpang Mandiri Production kayong utara untuk terus mengukir karya dan kreativitas. pada tahun ajaran baru 2014 – 2015 ini Simpang Mandiri Production atau yang di singkat SMP kembali membuka kelas pendidikan untuk mempelajari film dan Blog khusus pelajar.

                Semua pelajar pada prinsipnya bisa mengikuti program tersebut namun demi efektifitas untuk mengejar kwalitas, peserta di batasi hanya 20 orang peserta, dengan melewati beberapa rangkaian test di antaranya : psikotes dan administrasi. Hal ini di ungkinkan untuk menyaring peserta yang betul betul ingin mendalami dunia Film dan IT.

sekolah film 2 simpang mandiri

                Seperti tahun tahun sebelumnya Program yang di luncurkan tersebut bebas tanpa memungut biaya, namun untuk menunjang program tersebut, SMP harus bekerja sama dengan Pihak sekolah dengan maksud dapat memberikan support imbal balik bagi pihak sekolah dan program SMP sendiri.

                Kreativitas akan menjadi sangat penting bagi pelajar apalagi pada saat ini kurikulum 2013 sudah mulai di jalankan, siswa di lebih banyak melakukan praktek di bandingkan hanya sekedar teori. Maka tidak salah apabila program sekolah Blog dan Film ini di integrasikan dengan kegiatan sekolah sebagai salah satu kegiatan penunjang untuk mewadahi minat dan bakat mereka.

                Dalam program sekolah film, SMP akan memberikan beberapa pokok materi di antaranya mengenai Penyutradaraan,  Tata Cinematography, Editing, Pengambilan Gambar, Management Tim dan hal hal yang menyangkut dunia perfilman secara umum. Materi tersebut akan di sampaikan secara maraton dalam waktu satu tahun.

                Output dan tujuan dari sekolah film tersebut adalah mencetak sineas pelajar yang cakap, tanggap dan peka terhadap issue yang ada di sekitarnya, sehingga dapat mengolah menjadi sebuah ide dan membuat serta menggambarkan melalui media Film dengan tujuan menyampaikan pesan pada publik. Pada saat ini kita tidak perlu khawatir lagi untuk menyampaikan Ide dan gagasan terutama dalam bentuk karya Film. Sangat mudah sekali bagi kita mengekspresikan karya, bisa memanfaatkan tekhnologi melalui jejaring sosial, Youtube, Twiter facebook atau kita buat blog pribadi.

sekolah film

                Dalam progran sekolah film intinya adalah mencetak para filmaker sesuai dengan karakternya masing masing agar dapat di kembangkan. Hal ini juga menjadi sangat penting bagi perkembangan pendidikan berbasis karakter yang lebih menitik beratkan pada apliaksi penerapan. Dengan memahami dan mendalami pembuatan film, maka akan mengasah aspek kepekaan emosional dan intelektual. Sebab dalam pembuatan film kita mesti di tuntut untuk melakukan pendalaman materi dan ide sebelum film tersebut kita eksekusi untuk kita shot.

                Penguatan konsep dan ide menjadi suatu hal yang sangat Penting untuk menghasilkan sebuah karya yang original dan memiliki ciri khas tersendiri, bukan plagiat dan bukan pasaran, dan tentunya hal ini memerlukan pendalaman atau bahkan riest menegnai materi yang akan di angkat. Dengan banyaknya rangkaian proses pembuatan film tersebut, maka secara langsung peserta akan di bawa untuk menyelami tema yang di angkat. Dan dengan cara menyelami dan merasakan secara lansgung tersebut, maka peserta akan dapat menyimpulkan seberapa Penting dan bermanfaatnya apa yang mereka lakukan.

Untuk sekolah IT, materi ayang akan di pelajari meliputi:  dasar dasar Internet, pembuatan Email, jejaring sosial, Pembuatan Blog dan pengelolaan, serta pembekalan Citizen Jurnalis ( Atau Jurnalis warga).

Prinsip sekolah IT adalah mendaya gunakan Informasi Tekhnologi dengan tepat guna, sebab selama ini kita merasa prihatin dengan lompatakn tekhnologi yang begitu pesat sehingga terkadang membuat bingung para User ( pengguna), dalam mengikuti perkembangannya. Namun semua itu tak perlu kita risaukan jika kita memiliki dasar dasar ilmu mengenai Informasi tekhnologi.

Selain mendapatkan Ilmu, para peserta Pendidikan Film dan blog juga dapat mengikuti berbagai lomba yang banyak di selenggarakan baik Lokal maupun nasional. dalam hal ini juga sangat penting untuk menguji seberapa besar kompetensi yang di miliki. Di sisi lain lomba juga sangat penting untuk membangun motivasi dan daya saing guna meningkatkan sumber daya dan keilmuan yang di miliki.

 

Posted on 10 Juli 2014, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: