TNGP Di Kepung Lahan Sawit, Benarkah ?..


panorama indah dari bukit di pulau kumbang  by irwansyah SiMPANG MANDIRI PRODUCTION_resize

Sangat Di sayangkan di balik gagah dan indahnya Gunung palung ternyata menyimpan derita dan duka untuk masa depan. Sebab paku bumi yang bernama Gunung Palung tersebut saat ini terancam dengan di bukanya hutan untuk dan atas nama kesjeahteraan demi rakyat, namun di sisi lain tidak mempertimbangkan bagaimana keseimbangan alam.

Sungguh Miris dan ironis, dari hasil penelusuran  Tim Warta Kayong (WK Team ) ada fakta mencengangkan yang terjadi di areal TNGP (Taman Nasional Gunung Palung), yakni :

  1. Ternyata areal TNGP yang sangat luas tersebut sebagianbesar sudah di kepung dengan areal kebun kelapa sawit.
  2. Masyarakat yang berada di kaki bukit sekitar TNGP kini galau sebab tanah mereka dari turun temurun nenek moyang mereka kini di Klaim sebagai areal TNG, Anehnya Hutan yang sudah jelas terbantaikan oleh Perusahaan yang mengatas namakan kesejahteraan bebas membabat Hutan di gantikan dengan Hutan baru.

Baiklah kita kupas catatan point pertama saja, kita menyoal tentang Areal TNGP yang di kepung kebun sawit. Benar atau tidak hal tersebut, ini adalah fakta, coba kita lihat bersama gambar dari google MAP di bawah ini.

di kepung sawit  peta gogle warta kayong

Perhatikan dengan baik gambar dengan petak petak seperti sawah di atas, petak petak itu adalah kebun kelapa sawit, sungguh ironis gunung palung yang gagah dengan berjuta keindahan dan kekayaannya di kepung dengan areal sawit yang tentunya mengancam keberlangsungan hidup satwa serta keseimbangan alam untuk ke depannya.

Populasi Manusia kian hari kian menjadi, bumi ini menjadi terasa sempit, namun tentunya manusia juga harus dapat hidup ramah dengan alam, exploitasi berlebihan terhadap alam akan menyumbang bencana untuk masa depan, apakah kita akan merasi bencana untuk anak cucu kita?. Tentu saja kita takkan mau itu terjadi, maka dari itu mari kita hidup dengan bijaksana, jangan turuti hawa nafsu, kita masih bisa hidup dengan menghargai alam.

Cobalah kita lihat sekali lagi dengan peta yang lebih detil dari pandangan yang lebih jauh dengan areal Hutan Taman Nasional Gunung palung kita, cukup miris areal TNGP kita di kelilingi oleh Lahan sawit, dan tentu dari industri lahan sawit ini juga menimbulkan effek lain yang mengancam. Mari kita lihat lagi dengan seksama gambar di bawah ini :

di kepung sawit  peta gogle warta kayong smp

Perhatikan sekali lagi dengan baik petak petak petak di atas itu, akankah petak sawit tersebut berhenti?. Yah semoga saja tidak ada lagi expansi atas nama kesejahteraan, sebab areal TNGP semakin terdesak seperti di gambar tersebut, semoga saja para pemegang kebijakan benar benar bijak menjalankan kebijakan, dan para legislator kita matanya terbuka lebar dengan fakta bahaya masa depan ini.

Semoga saja mereka mereka tidak silau dengan yang menyilaukan, dan TNGP atau apalah namanya organisasi alam bukana hanya sekedar formalitas. Harapan utuh kita para wakil kita benar benar bisa bersuara mewakili kita demi kepentingan masa depan, semoga saja mereka tidak mempan dengan iming iming atau malah mereka yang menjadikan bahan bergaining ?. kita lihat saja nanti semoga semua akan baik baik saja.  Amieen . (Wk Team )

Posted on 12 Mei 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: