Batu Teritip Yang Terpingggirkan


bbbbbbbbbbbbbbbbbbt

Beberapa hari yang lalu saya karena satu kepentingan datang ke DUDUN BATU TERITIB, Desa mentubang. Sebuah dusun dibalik bukit,ditepi laut, sebelah barat laut sukadana. Masuk jalan Desa Mentubang, menyusuri jalan aspal yang berakhir sebelum tikungan. Berikut jalan tanah yang saya lewati, tentu ketika hujan, jalan ini sulit untuk dilewati. Sebelum masuk dusun batu teritib, saya dihadang tanjakan yang cukup mengerikan. Masih jalan tanah. Kupikir didepan akan bertemu jalan lingkungan berupa aspal atau rabat beton. Tapi perkiraan saya meleset. Jalan didusun ini sampai keujung malah menjadi jalan tikus, yang dibeberapa bagian dihiasi dengan turunan dan tanjakan yang ekstrim. Keadaan ini memancing naluri saya untuk bertanya kepada warga disana. Puas bertanya, membuat kepala ini berdenyut. Dusun dengan 2 RT, sekitar 50 KK, selama ini NYARIS tak tersentuh pembangunan! Belum lagi ancaman patok-patok TNGP yang berada tak jauh dibelakang gubuk mereka. Padahal dibukit itulah selama ini mereka bertani pisang untuk menyambung hidup. 

Arah pulang, dijalan saya berpapasan dengan anak-anak sekolah, sepeda didorong karena tak mampu bersepeda mendaki, sebagian lagi berjalan kaki. SD terdekat berjarak berkilo-kilo. Tanpa sadar pikiran saya menerawang sekiranya anak saya yang kelas 1 sd mengalami hal semacam ini, melewati jalan tanah, yang tanjakan dan turunannya hanya bisa dinaiki sepeda motor dengan gigi 1!
Sampai dirumah, saya buka google eart, lalu coba tarik garis lurus antara Sukadana dan Dusun batu teritib, fantastis….hanya dalam kisaran 7,5 kilometer jaraknya dari ibukota kabupaten!

sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=155042604702591&set=gm.293963207411291&type=1&relevant_count=1&ref=nf

About wartakayong

Media Resmi Seputar Kayong web: www.wartakayong.com jika ingin Mengcopy Berita, Konten & Tulisan Di sini Silahkan Izin ke kami, atau menyertakan sumber berita. email : wartakayong@gmail.com/ Hp 085246595000

Posted on 16 September 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: