Monthly Archives: September 2013

Menyingkap Tabir Misteri DI SMA Negeri 1 Simpang Hilir BAGIAN 1


Menyingkap Tabir Misteri DI SMA Negeri 1 Simpang Hilir BAGIAN 1

pagar ghoib

            Menurut kepercayaan semua Agama bahwa alam ini terdiri dari dua dimensi berbeda, yakni alam nyata dan alam tidak nyata ( ghaib), dan kepercayaan itu di yakini oleh semua pengikut agama tersebut, dan hal tersebut merupakan fakta yang terkadang tidak rasional tapi nyatanya memang ada. tentunya kita juga wajib mempercayai hal tersebut, Percaya dalam tanda kutip Bukan Percaya sama Jin/ Syetannya, tapi kita percaya dengan keberadaan mereka, jikalau kita percaya pada apa yang mereka katakan saat merasuki tubuh seseorang dengan mengatakan ini dan itu, minta tetek bengek, ingat …jangan dipercaya dan jangan di turuti karena permintaan jin/syetan dapat menyesatkan aqidah dan keimanan kita. Baik kali ini penulis tidak akan panjang panjang membahas teori tentang alam ghoib ataupun tentang Jin secara detil, namun kali ini saya akan ajak pembaca untuk mengikuti perjalanan spiritual kami dalam menyingkap Tabir Misteri Di SMAN 1 Simpang Hilir, Untuk kebenarannya Wallahua`lam Bishawab, namun yang pasti kami sebagai manusia biasa tentu banyak keluputan dan kesalahan serta kehilafan, dalam hal ini tentunya kami juga tidak ingin menebarkan informasi yang mendekati kemusyrikan ataupun fitnah.

pagar                  ]saas

            Baik langsung saja yuk kita ke TKP, dengan kronologi sebagai berikut :

  1. Beberapa waktu yang Lalu siswa/I SMAN 1 simpang hilir mengalami fenomena kerasukan/ kesurupan Jin. Hampir setaip hari ada saja setiap siswa yang mengalami hal tersebut, Jumlahnya bervariasi, ada yang 15 orang dalam satu hari, 9 orang dan lain lain .
  2. Siswa/I yang kesurupan diupayakan dengan berbagai cara mulai dari memanggil duun kampung, ustadz, dan ada juga dari paranormal yang membantu penyembuhan, Dan hasilnya berbanding lurus dengan yang kemasukan keesokan harinya, atau bahkan mereka berhasil di sembuhkan namun berulang kembali dan berulang kembali, bahkan ada siswi hingga sampai satu minggu tiap hari kesurupan.
  3. Berdasarkan kronoligi di atas, maka puncaknya pada hari sabtu tanggal 28 September 2013, siswa/I di liburkan, dan Pihak sekolah bermaksud untuk mengadakan Istigotsah pada malam Minggunya.
  4. Pada malam minggu tanggal 28 September 2013, istigotsah dan do`a bersama di gelar bersama para Alim ulama, paranormal dan pihak sekolah. Ustadz Imamuddin Falih Al Jailani dalam pesannya pada saat pemagaran sebelum di mulai berpesan kepada para Jama`ah agar meluruskan niat untuk memohon kepada Allah agar do`a yang di panjatkan betul betul dapat di ijabah dan menjadikan kekuatan positf yang dapat mengusir gangguan mahluq halus. Ia juga berpesan kepada siswa/ i, untuk tidak melanggar norma norma, baik moral, sosial maupun agama, karena dengan pelanggaran pelanggaran Norma, khusus di lingkungan sekolah tersebut dapat memicu adanya perbenturan energi negatif yang membangkitkan kekuatan makhluq halus untuk dapat mengganggu manusia.
  5. Acara di mulai pukul 20.00 WIB dan berakhir pukul 23.00 WIB yang di akhiri dengan pagar Ghoib yang di pimpin langsung oleh Kiyai Tohirin Mustofa dan Ustadz Kahfi Nurkhafidz. Pemagaran ghaib dan ritual pemindahan berlangsung khidmat yang di ikuti juga oleh Kepala Desa Teluk Melano ( Margono), Ustadz Suhardi, Ustadz Eko Siswanto, Ustadz Miftahul Jawad dan alaim ulama yang lain juga para siswa.
  6. Pada saat Ritual dari beberapa jama`ah yang mengikuti prosesi acara ada yang merasakan hal hal aneh, masing masing berbeda beda, ada yang mendengar suara jeritan, ada yang mendengar suara brisik, suara siulan, suara gong, dan lain lain, Keapal Desa Teluk melano sendiri mengaku jika ia mendengar suara suara tersebut, bahkan ia sempat menganggap jika itu mungkin hanya bunyi nada dering HP yang jelas  hal tersebut kemungkinan adalah reaksi dari para makhluk halus.

pggr ghoib

            Baiklah dari ke enam kronolgi di atas saya akan mencoba untuk menarik jauh ke belakang pada Tahun 1996 di sekitar lkasi yang saat ini menjadi SMAN 1 Simpang Hilir. Pada tahun 1996 seingat saya jalan menuju SMA N 1 simpang hilir yang bernama JL Pramuka atau JL Kay Bulat adalah JL setapak yang amat sangat sempit, dan pada saat itu bahkan belum beraspal dan jika hujan sangat becek, Listrik sama sekali belum ada, penghuni di JL tersebut hanya beberapa buah rumah saja, sedangkan Lokasi Gedung SMAN 1 Simpang hilir yang saat ini dulunya adalah Kebun Kelapa Pak Abu seorang warga Melano Hilir. Tidak ada yang istimewa di lokasi tersebut, kami hanya pernah mendengar cerita saja dari mulit ke mulut bahwa dahulunya di lokasi tersbut pernah di diami oleh orang Tionghoa kebun yang juga membangun tempat peribadatan sederhana di depan rumahnya. Namun yang menarik justru sebenarnya adalah di lokasi Depan SMA tersebut yakni yang saat ini rumah kediaman orang Tua saya. Pemilik Rumah sebelum kami tersebut bernama Pak Samad, ia kurus tinggi berkaca mata, pada saat itu ia menjual rumah dan tanah dengan orang tua kami sangat murah, ia pindah ke sungai awan ketapang.

pagarararraaba

            Keluarga Pak samad pada saat itu sudah tidak betah lagi tinggal di rumah tersebut lantaran sang anak yang bernama Erna, pada saat itu sering mengalamai kerasukan/kesurupan, bahkan istrinya juga pernah di hingapi makhluk ghaib sehingga juga sering sakit sakitan, berbagai upaya telah dilakukan oleh pak Samad namun tetap saja masih tak membuahkan hasil, akhirnya ia menjual dengan Orang tua kami tanah dan rumah dengan Murah. Untuk mengecek kebenarannya silahkan para pembaca silahkan bertanya dengan penduduk yang telaha lama tinggal di sana seperti pak Mi`ad, pak Usu Keram, Bang Mus, Pak Itom juga bang Man, Insyaallah mereka tau persis dengan kisah pada saat itu mengenai  keluarga pak samad.

            Singkat cerita ketika pertama kali kami menempati rumah tersebut suasana angker dan suram serasa menyelimuti, begitu kami ke kebun belakang rumah eh ternyata ada bekas Ancak (semacam sesaji) yang bergelantungan di pohon kopi. Pelan pelan Bapak saya membersihkan areal pohon kopi yang di hinggap sesaji tersebut, setelah itu malamnya ayah saya tidak tidur, entah apa yang ia lakukan saat itu saya tidak tahu pasti karena saat itu usia saya baru menginjak kelas 1 MTs, yang saya hanya bisa tau saat itu jam 10 malam saat ayah saya duduk di kamar dengan tasbihnya sambil berdizikir dan saya tertidur, dan ketika subuh bangun dia juga masih belum beranjak dari tempat duduknya. Saat itu saya tidak tau entah apa yang ia laukan. Singkat cerita Alhamdulilah selama kami tinggal di rumah tersebut tidak pernah mendapatkan gangguan dari makhluk halus, semasa hidup saya ketika tinggal di sana beberapa kali saya memang merasakan keberadaan makhluk halus. Kalau bapak saya saat itu justru sering mendengar suara suara perempuan tertawa, menjerit dan menangis, bahkan suara suara tersebut saat ini malah kerap terdengar, namun anehnya saya sendiri tidak pernah mendengar suara tersebut. Tiga bulan lalu paman saya datang dari jawa, ia tinggal di rumah bapak saya di depan SMAN 1 Melano tersebut, ia sempat bercerita kepada saya jikalau ia sering mendengar suara jeritan dan tawa dari hantu Kutilanak, saya hanya bilang ke paman saya terbut kalau hal itu sudah biasa.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

            Baiklah sampai pada cerita tersebut yang kebetulan saya sendiri selaku penulis merupakan pelaku sejarah yang pernah lama tinggal di sekitar lokasi tersebut. Menurt pengakuan ustadz kahfi Nurkhafidz, energi di sekitar lokasi memang sangat kuat terutama terpancar dari sebelah selatan Dan Utara, hal demikian juga di ungkapkan oleh Ustadz Wardoyo, ia sebagai engajar di SMAN 1 simpang hilir yang kebetulan juga pernah tinggal di rumah saya tersebut dan suatu kali beliau iseng melakukan pemotretan dengan foto HP di saat sore hari, namun apa yang terjadi di dalam objek foto tersebut terlihat penampakan objek hitam tinggi besar di sekitar lokasi. Jadi kesimpulannya, mereka memang makhluq penunggu asal daerah tersebut, dan jikalau memang ada yang pendatang itu bisa saja namun snagat kecil, karena dari rentetan sejarah di atas sudah tegas bahwa mereka telah ada sejak lama. Hal seperti ini tinggal kita saja yang pandai pandai menyikapi, pada prinsipnya mereka takkan menggangu jika kita tak mengganggu, den mereka akan mengganggu hanya kepada orang yang memiliki Jiwa dan mental yang lemah, maka dari itu saran saya sebagai berikut :

  1. Untuk menghindari gesekan dengan mereka, maka kita janganlah usil ata sembarangan melakukan perbuatan yang bertentangan norma, agama maupun sosial.
  2. Jangan mengencingi sembarang tempat, jikau mau kencing silakan permisi dahulu
  3. Jangan sesumbar dengan mereka, hargai keberadaan mereka itu sudah cukup
  4. Perkuat amal ibadah dan dekatkan diri  pada allah swt. Sudah itu sudah cukup, jikalau perlu lakukan aktivitas olahraga, atau mengikuti dzikir dan latihan latihan yang mengasah spiritualitas.

            Demikianlah tulisan ini saya buat pada Malam hari pukul 11.00 malam. 29 September 2013 malam dengan bulu kuduk merinding ke sana dan kemari di sertai dengan perasaan yang di intai oleh makhluq ghoib, hehehe, bukan nya saya menaku nakuti, ini memang saya rasakan saat ini. Ya baiklah lupakan saja dan tenang kalau memang anda ikut takut, hehehe semoga saja anda bisa mengambil hikmah dari tulisan dan pengalaman saya ini. Kita sambung lagi di lain kesempatan semoga bermanfaat Amieen. ( Simpang hilir –  M.H. 29 September 2013).

PR Kita Untuk “Perawan Satu Hari “ Bagian 1


44696976430-pelacur,_hanya_kaki

             Baik akan saya awali dulu satu atau dua baris kisah Seorang kiyai kharismatik yang bernama Gus Miek, kiyai asal jawa timur, ia adalah kiyai terkenal yang hobynya berdakwah di kalangan rakyat jelata atau orang pinggiran bahkan para manusia masnuia malam, ia sering di gelari kiyai nyentrik, anda boleh cari referensi tentang gus miek baik di buku buku mamupun di internet. OK Sampai di sini dulu kisah Gus Miek sekarang saya mau mengisahkan pengalaman saya yang juga sasap susup ke dunia gelapnya malam di Ketapang ketika tahun 2007, tepatnya di Lokalisasi PSK di payak kumang dekat transito yang di neal dengan KOLAM.

Saya memiliki seorang sahabat akrab di sana saat itu, ia sudah paruh baya sekitar 37 Tahunlah usianya, katakanlah Bu Mita saya memanggilnya (Bukan nama sebenarnya), sosoknya sangat mudah akrab, terbuka dan mudah bergaul, meski sekilas tampak dingin namun bila sudah kenal dan di ajak komunikasi ternyata enak juga kalau sudah ngobrol, hari hari bu mita cukup luar biasa, ia punya 5 orang “anak” yang semuanya perempuan dan sudah dewasa. Ya bu mita senang menyebut mereka dengan sebutan anak, bukan PSK, Pelacur ataupun lonte, karena memang bu mita sudah menganggap mereka seperti anak sendiri mungkin demikianlaah kurang lebih. Pembaca pasti sudah bisa menebak siapa itu bu mita?… ya benar sekali bu mita adalah Ibu para Wanita wanita malam di rumah tersebut, dia adalah kepala rumah tangganya, dengan kata lain ia adalah germo. Jika ada sesuatu masalah tentu Bu mita yang selalu pasang badan dan berurusan, maka bu mita harus memastikan jikalau anak anaknya dalam posisi aman.

Saya sebelum kenal dekat dengan bu mita saya kira semua orang yang di lokalisasi ini semua sama saja, intinya pada bobrok gak genah, atau kasarannya adalah calon penghuni neraka karena tiap hari udah pada Zinah. Eh tapi setelah saya ketemu bu mita saya jadi berfikir ternyata masih ada orang baik di sini, dalam tanda kutip meskipun takaran baik untuk di lokalisasi tersebut berbeda dengan dunia luar, dan memang sudah fitrahnya bahwa di dalam diri manusia itu setiap ada keburukan mesti di dalamnya ada kebaikan, dan begitu sebaliknya. Mengenal dimensi dunia berbeda seperti itu, saya jadi semakin lebih memahami diri saya dan memahami orang lain.

Kembali dengan kisah bu Mita, jikla pembaca mau tahu bu mita itu ternyata mantan Kupu kupu malam juga, ia pernah berada di lokalisasi PSK Terbesar yang ada di Surabaya. Singkat cerita ia lalu pindah ke Ketapang dan membuka Toko di lokalisasi kolam tersebut. Saat ia pindah ke ketapang ia memutuskan sudah tidak mau lagi melacur, ia berfikir karena usianya yang semakin tua, di samping itu ia punya niat untuk mau berubah namun itu tidaklah mudah karena semua perlu proses, yapsti perubahnnya saat itu Bu mita tidak lagi melavurkan diri, namun ia masih memberi fasilitas kepada para tamu malam untuk di layani oleh anak anaknya tersebut. Suatu saat saya pernah tanya dengan Bu Mita tentang niatnya mau keluar dari dunia malam,?. Bu mita Bilang “ saya ini maunya sih cepat saja pengen usaha keluar dari sini, tapi saya ini gak ada jalur untuk ke sana, saya ini Cuma perempuan mas, saya pengen juga suami, nah kalau saya  sudah punya suami saya ikut dia aja, udah mas sampean ajalah yag carikan saya suami bisa gak hehhehe ”. Begitu ungakap bu Mita bergurau,Saya tersenyum saja mendengar kelakar darinya, selanjutnya ia juga bercerita kalau di kolam terkadang juga ada Razia, saat saat seperti itulah terkadang ia yang pasang badan untuk mengamankan anak anak, bahkan terkadang ada Oknum yang nakal memanfaatkan situasi tersebut, ia tak dapat berbuat apa apa kecuali hanya mengurut dada.

Saya sempat terheran heran suatu saat bu mita mohon permisi kalau ia mau sholat Ashar dulu karena saat itu memang saya ketokonya saat sore hari. Saya sempat tidak percaya dengannya kalau mau sholat dulu, pikir saya dalam hati masak sih “ Germo kok sholat ?>..germo apaan , hehehhe”….. tapi benar ternayat ia memang sholat karena lorong tokonya lurus jadi saya dapat melihat ia dari belakang membawa mukena ke kamarnya. Sekitar 10 menit kemudian ia selesai sholat, dan saya beranikan untuk mencoba mengorek orek dengan jurus belit membelit kata kesana dan kemari mengenai Sholat dan pekerjaanya. Bu mita bilang Begini “ Ibadah itu dengan yang di atas mas, kalau kerja itu ya kerja”. Deg…hati saya berdetak agak keras, tak habis fikir saya bagaimana bisa alam bawah sadarnya merekam hal demikian, KERJA yang di maksud itu kan begituan, itu gimana sih jadinya nanti ?…, tapi ya sudahlah saya kok jadi ingat dengan kisah dongeng negeri tak berhidung jadinya, ketika semua orang negeri itu berhidung di datangi oleh orang yg berhidung apa yang terjadi?. Eeeh orang yg tak berhidung malah bilang org yg memiliki hidung itu aneh . apa sebab ?.. ya karena gak pernah liat org berhidung, jadi alam bawah sadarnya merekam yg biasa tidak ada hidung. Hehhehe mungkin bgtlah analoginya untuk kasus yg satu ini. Tapi alhamdulilah bu mita ini masih ibadah, dari pada enggak ?’.. hehehe. Jadi kembali lagi ke bu mita ia bilang juga bahwa “ kalau sore sore gini mas anak anak ini masih bersih, jadi kalau mau main bagusnya kalau setelah Dzuhur mas, nah itu yang pertama kali merawani itu saat siang hari itu tapi kalau udah malam mas udah banyak di pake mas, nanti kalau udah pagi mereka jam 2 atau jam 3 baru tidur, terus besoknya bangun pagi sampai siang mereka istirahat, nah sekitar jam dua baru terima tamu mas, jadi jam jam itulah mereka di perawani lagi mas, dan begitu lagi setiap hari.”. wah luar biasa ni bu Mita ceritanya sampai kesana sana segala pakai istilah perawan satu hari segala, hehehehhe . baru tau saya rupanya istilah perawan itu juga di gunakan oleh bu mita untuk para anak anak asuhnya yg nota bene PSK, hehehehhe.

Bu mita juga menjelaskan kalau anak anaknya itu berasal dari berbagai tempat dan latar belakang, kalau sekilas saya lihat wajah mereka lumayan lumayan, dan kayaknya juga agak lugu ?. apa di seting demikian ya ?, hehheheh. Tapi kayaknya enggak ah, karena saya biasa memperhatikan bagaimana ketika mereka masuk membawa tamu ke kamar dan bagaimana ketika mereka keluar bersama tamu hidung belangnya, tersirat beban di wajah mereka akan pekerjaan yag di rasa bertentangan dengan hati nurai, namun selalu saja mereka berkamuflase demi mendapatkan pundi pundi rupiah. Bahkan seorang Anak asuh (Psk) bu mita yang saya juga kenal tia bulannya harus mengirim untu anaknya yang masih usia sekolah SMP di jawa, ia mengaku bekerja di kalimantan sebagai penjual Baju. Begitulah sedikit kisah tentang Perawan satu hari  di kolam, saya tidak tau lagi sekarang sudah tahun 2013, entah mereka itu mash di sana atau tidak ataukah mereka sudah berubah atau belum saya sekarang sama sekali tidak tahu. Tao doa`a di hati saya setiap kali ingat mereka hanya bisa berdoa` agar mereka kelak juga di beri petunjuk dan di bahagiakan sebagaimana niat mereka saat itu untuk berubah.

Inilah PR kita bersama, kolam adalah salah sat potret lokalisasi yg pernuh crita Erotis namun Miris, berbagai latar belakang dan permasalahan remaja  berkaitan dengan pergaulan bebas akan bermuara ke lokalisasi lokalisasi semacam ini atau bahkan dunia Seks komrsil terselubung atau yang lainnya. Inilah PR Pemerintah, Masyarakat, Guru, Para Orang tua, Remaja, dan semua elemen yang terlibat dalam tatanan payung sosial, kita mulai dari diri kita untuk tidak berbuat hal hal demikian, dan bagi kaum ADAM saya titip pesan untuk tidak MENODAI dan membuat bibit yg bisa menjadikan Perawan satu hari, seandainya[pun kalian telah berbuat dan terlanjur maka bertanggung jawab dan bertaubtlah, jangan sekali kali kalian lari dari tanggung jawab karena seseungguhnya siapa yang menanam ia nanti kelak akan menuai hasilnya. Khusus untuk kaum HAWA, jagalah mahkota kalian jangan sampai Ternoda sedikitpun, persembahkanlah mahkota satu satu klalian pada orang yang benar benar menjadi Suami anda nanti, seandainyapun kalian sudah terlanjur, maka tuntutlah hak kalian dengan apapu  cara anda.

Demikianlah kisah dan ulasan ini semoga bermanfaat bagi kita semua sebagai bahan renungan terutama untuk para remaja/I kita masa kini. M.H. 28/09/2013.

Seni Teater Dan Pengembangan Diri


TEATER

SEKAPUR SIRIH PENULIS

Segala puji bagi Tuhan YME Yang telah memberikan limpahan rahmatnya bagi kita semua dan penyusun sehingga dapat menyelesaikan satu buah buku sederhana dengan tema “Seni Teater dan pengembangan diri” yang mana dalam buku ini di kupas secara sederhana mengenai proses – proses dalam dunia keteateran dari hal – hal yang paling dasar, hingga pada pencapaian pengembangan karakter diri pribadi.

Tentunya dalam pembuatan buku ini tidak terlepas dari kepedulian kami terhadap dunia pendidikan khususnya Non formal. Yang mana kami membantu pemerintah untuk mencapai target pada sumber daya manusia yang memiliki peradaban dan terangkat derajat serta martabatnya. Sangat kita sadari saat ini proses pembentukan karakter begitu lemah, apalagi di tambah dengan sistem komputerisasi yang tidak kenal dengan istilah toleran makin memperburuk suramnya potret pendidikan di negeri ini. betapa tidak, Moral dan prilaku saat ini bukan lagi standarisasi kelulusan, bahkan tidak jarang kita temui kasus bahwasan nya seorang anak yang berpresta si dan berprilaku baik justru tidak lulus dalam ujian, dan begitu juga sebaliknya.

Maka berdasarkan hal tersebut di atas kami secara lisan maupun perbuatan mencoba untuk menerobos dalam jenjang pendidikan non formal untuk membantu memberikan solusi pada pemerintah khususnya dalam pendidikan pembentukan karakter bagi putra – putri bangsa yang selalu haus akan pendidikan serta bimbingan. Dan semoga buku ini bermanfaat untuk kita semua, serta dapat menggugah daya kreativitas dan dapat membantu dalam proses pembentukan karakter. Amiin

Ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kami ucapkan kepada rekan – rekan yang tidak dapat di sebutkan satu persatu, yang pada umum nya para rekan yang tergabung dalam Komunitas kreatif Simpang Mandiri Production. Dan tidak lupa pula terhadap komunitas sanggar – sanggar yang berada di Kayong Utara khsusnya sanggar Simpang Media.com yang berada di bawah binaan Simpang Mandiri Production. Satu kata saja untuk semangat klreativitas kita ya`ni  “Cultural Art Is Nation Spirit ”.

Akhirnya penulis meminta ma`af yang sebesar – besarnya terhadap para pembaca sekalian, dan tak lupa pula saran dan kritik penulis terima dengan tangan terbuka, guna untuk pembuatan Buku panduan yang selanjutnya.

Akhir kata dari penulis , di ucapkan terima kasih.

Tl Melano 15 Januari 2010

PENYUSUN

MIFTAHUL – HUDA 

HUDA 1

BIOGRAFI SINGKAT PENYUSUN

Miftahul – Huda adalah Pria kelahiran 05 Mei 1985 di Desa Wonorejo Kec Teluk Batang ( Sekarang Kec Seponti Jaya ), Kabupaten Ketapang (Sekarang kabupaten kayong utara). Sejak bangku SD senang dengan dunia tulis menulis. Pendidikan yang ia lalui sangat berliku, dari mulai Sekolah Dasar hingga SMA ia selalu berpindah – pindah tempat dan pindah – pindah Sekolah. Ketika Usai SMA ia sempat Kuliah di STAI AL – HAUDL Ketapang namun pada akhirnya ia tidak selesai. Pada tahun 2007 ia kembali kuliah Di AMKI Ketapang, namun lagi – lagi ia gagal kembali. “Saya gagal kuliah karena saya tidak fokus”. Ungkap nya pada Tim layout buku ini. dan ini di sebabkan karena Obsesi nya yang berlebih menjadi Penulis dan Sutradara.

                Karena Hobby ia rajin mengikuti Pelatihan maupun maupun missing link yang berkenaan dengan Hoby nya. Satu hal Yang sangat membantu dalam mendalami Hobby nya adalah media Informasi dan tekhnologi yaitu Internet. “dengan Internet saya bisa berada di mana – mana, bertemu dengan semua orang di seluruh dunia, nama nya saja INTERNET kan Interconection Network yaitu jaringan yang saling terkoneksi. Di dunia maya tersebut kita bisa salurkan hobby kita, kan di sana ada Forum, kalau di sana kita hoby nya mancing ya cari forum mancing, kalau kita hobi nya ngeband ya cari Forum anak – anak band. Seperti saya yang hobby Baca Tulis dan Perfilman ya saya masuk Forum tersebut”. Ungkap sang penyusun panjang lebar

Nasib nya yang malang melintang tidak ada jluntrungan pernah ia alami dari mulai berprofesi sebagai Buruh, Pedagang Keliling, Tukang Parkir, Tukang kebun, Sales, aktivis, Guru honerer, Tekhnisi Komputer, Kameramen, dan kali ini ia getol dengan hal – hal yang berbau dengan dunia akting terutama penyutradaraan. Namun hingga saat ini ada beberapa profesi yang masih ia jalani. “Hal ini saya lakukan demi memberi nafkah keluarga, kalau hanya mengandalkan Seni, wah bisa makan hat, karena untuk di daerah kita Seni masih belum bisa memberi penghidupan”. Begitulah ungkap nya  dengan mantap.

Selain menjadi penulis, ia juga menggeluti dunia Production Kreatif, dan saat ini ia menjadi pimpinan Production House “ SIMPANG MANDIRI PRODUCTION”. Yang telah menelurkan beberapa karya fiksi independen yaitu berjudul : Berhenti dan memulai, (Produksi tahun 2005), CINTA “Capai Impian Dan Cita – Cita” ( Produksi tahun 2009). Film Dokumenter dengan Judul Mentari Di Kayong Utara (Produksi Tahun 2009), Film Semi Dokumenter Dengan judul “Evolusi Sekolah Buangan”,  Produksi tahun 2009. serta film – Film experimental dan Film pendek lain nya.

Sedangkan karya – karya tulisan yang pernah ia buat adalah : Menggunakan Office 2003, Operasi Basic Komputer, Dasar Photosop 7.0, Sepuluh Cerpenku, Kunci Pamungkas jagad, Tekhnisi Komputer, Tuhanku Esa, Memory Cinta Dalam Inspirasi,  Negeri Cinta, serta karya tulis lainnya, ( telah terbit secara independent, untuk kalangan sendiri dan terbatas tidak di distribusikan). Kemudian ada beberapa buah karya yang berbentuk novel dan siap untuk di terbitkan yaitu : Mega Merah Saksi Bisu, Ketika Daun Muda telah Layu, dan Pohon Cinta. Mungkin inilah sekelumit biodata penulis yang sampai saat ini tetap berkerativitas bersama besarnya tanah kayong yang bertuah ini. Amiin

 

SITUS DAN EMAIL DI BAWAH INI

http://www.smeentertaintment.multiply.com / http://www.smpkayong.wordpress.com

www.youtube.com/gunthuur / https://wartakayong.wordpress.com

email: Simpang_entertaint@yahoo.com

Contact Person: 085245939788 

KAMI MEMBERIKAN BUKU TERSEBUT GRATIS SILAHKAN HUBUNGI KONTAK DI ATAS.

Novel: Mega Merah Saksi Bisu: Takdir Kehidupan Yang berliku


Saya punya satu karya Novel yang saya buat pada tahun 2008 ketika saya masih tinggal di ketapang, novel tersebut saya buat berdasarkan pengalaman pribadi, yang saya bumbui dengan berbagai macam kisah teman saya yang saya komparasi dengan alur cerita yang bisa di katakan Fiksi namun isnyaallah cukup menyentuh hati. Novel ini akan saya bagikan dalam bentuk digital kepada seluruh pembaca yang budiman, anda bisa download dan save ke Laptop/PC/ Hp, terus di baca dengan santai. berikut akan saya paparkan dulu sinopsisnya.

msb

SINOPSIS MEGA MERAH SAKSI BISU

 

                Kisah Novel ini berawal saat Fery meninggalkan sang kekasih menuju Kota Jogyakarta untuk meneruskan Studi. Sedangkan Suci sang kekasihnya harus menunggu beberapa tahun lagi untuk dapat menyusul diri nya. di tempat nya yang baru Fery memiliki berbagai kesibukan, hingga suatu saat ia bertemu dengan gadis manis bernama Iis teman nya dulu ketika kecil. Dengan iis ia menjalin hubungan kerja yang cukup baik. Diam – diam dalam hati nya ia mengaggumi Iis, namun itu tak mungkin ia ungkapkan karena ia harus teguh dengan Janjinya untuk tetap setia bersama Suci.

Sang waktu pun berlalu begitu cepat, hingga Suatu saat Suci memberikan kabar bahwa ia akan menyusul Fery Kejogya. Ia juga akan meneruskan kuliah bersama nya. Dengan segenap penantian fery dengan sabar menunggu kedatangan Suci. Namun sang kekasih yang ia tunggu tiada datang. Hingga suatu hari datang satu surat kepada nya yang memberitahukan bahwa Suci beserta rombongan nya mengalami kecelakaan saat di perjalanan menuju Jogyakarta. Seketika itu juga harapan nya memudar.

Di tengah – tengah keputus asaannya, iis datang membawa cahaya untuk menerangi hidupnya yang ia rasa suram. Fery dan Iis mengikat Cinta, Dan beberapa tahun kemudian mereka menikah.

Dengan tidak di sangka – sangka tiba – tiba Suci kembali hadir di antara kehidupan Iis dan Fery. Dengan segala keujuran Suci menceritakan kisah nya yang pilu dalam mempertahankan kehormatan serta bagaimana ia memperjuangkan hidup nya hingga ia bisa sampai di Jogyakarta. Betapa terkejutnya Fery dengan kehadiran Suci, dan yang membuat ia lebih terkejut saat  Suci meminta Janji nya dahulu saat ia mengikatnya dengan Cincin dan Mega Merah yang menjadi saksi bisu.

Saudara Pembaca yang budiman, Bagaimanakah Kelanjutan kisah nya…..? jawaba nya ada pada Isi novel ini, jangan terlewatkan satu kalimatpun untuk membaca nya. 

Silahkan Baca Dan Download Novel MEGA MERAH SAKSI BISU Di Sini 

 

Menembus Dimensi Dunia Masa Depan (bagian 1)


menembus_dimensi

   Tulisan yang saya buat ini hanyalah sebuah analisa semata, yang kemungkinan akan terjadi di masa yang kita tidak tahu kapan itu waktu nya, atau bahkan mungkin tidak akan pernah terjadi sama sekali. Sekali lagi tulisan ini saya tulis berdasarkan analisa saya terhadap kedaan saat ini serta keadaan masa masa yang telah lalu. Memang agak berat untuk menguraikan apa yang ada dalam suatu dimensi fikiran hingga menjadi sebuah kata dan terangkai menjadi kalimat kemudian tercetus menjadi beberapa lembar artikel, hal ini di sebebkan karena keterbatasan kemampuan saya untuk menterjemahkan bahasa fikiran menjadi sebuah bahasa tulisan, namun saya akan mencoba untuk satu persatu mengurai dengan sesingkat singkatnya apa yang saya katakan mengenai “Menembus Dimensi Dunia Masa Depan “. baiklah, untuk mempersingkat waktu saya akan mengurai beberapa pemikaran saya mengenai masa depan, yakni sebagai berikut :

  1. A.    Suatu Masa Kesempurnaan Tekhnologi IT

Masa kesempurnaan yang saya maksud di sini ada beberapa hal di antaranya adalah, manusia akan menuju kesemprnaan di bidang “Tekhnologi IT”, dimana suatu saat kemungkinan manusia akan sampai pada satu tingkat Ilmu pengetahuan yang sedemikian hebat, sehingga semua urusan, hal prihal, tidak terbatas pada dimensi ruang dan waktu. Gambaran nya jika pada saat ini sudah sedemikian canggih tekhnologi yang telah di temukan dari mulai piranti keras yang di impangi dengan piranti lunak yang dapat menembus dimensi ruang dan waktu dengan begitu cepat walaupun masih secara Virtual namun hal ini tentunya pada saat saat zaman dahulu kemungkinan sebagain orang tidak sempat berfikir dengan adanya kecanggihan tekhnologi saat ini. Dan kecanggihan tekhnologi ini saya yakin tidak akan berhenti sampai disini, bisa di katakan semua berproses maju, upgrade dan selalu upgrade memperbaharui system yang di rasa masih belm memuaskan.

Maka dengan ada nya proses upgrade yang di lakukan terus menerus tersebut, tidak menutup kemungkinan tekhnologi yang saat ini hanya dapat mengirim atau menyampaikan sesuatu yang bersifat virtual, maka  kemungkinan pada suatu saat sesuatu yang bersifat virutual akan dapat di tendang dari dunia virtual menjadi benar benar sesuatu nyata. ( wallahu a`lam).

  1. B.     Suatu Masa Kesempurnaan Tekhnologi Dunia Medis  

Masa kesempurnaan dalam dunia medis sesungguhnya masa yang begitu mengerikan, betapa tidak. Coba saja anda bayangkan bagaimana mungkin jika suatu saat jika memang benar benar ilmu pengetahuan dapat menyingkap rahasia Tuhan dalam tubuh manusia beserta seluk beluknya sehingga manusia dapat (maaf ) membuat manusia, atau manusia dapat membuat makhluk yang hampir menyamai ciptaan Tuhan. Betapa kacau dan rusaknya dunia ini, jika hal tersebut memang benar benar terjadi, jelas keseimbangan dalam dunia ini akan segera berakhir dan kerusakan akan segera menghampiri. Bisa saja kerusakan di akibatkan oleh  karena penyakit penyakit baru yang aneh atau bahkan peperangan sehingga membuat habis nya keturunan suatu bangsa.

Ciri ciri kesempurnaan Dunia medis memang pada saat ini masih belum begitu terasa, namun patut juga kita renungkan bahwa dunia medis juga sedang upgrade system dalam bidang tekhnlogi medis terbaru, dan lagi lagi saya katakan bahwa upgrade akan selalu  terus berjalan dan berjaan, hingga kemungkinan datang suatu masa di mana tersingkapnya ilmu pengetahuan yang melampau batas kewajaran. Jika kita falsh back sejarah masa lalu menegnai dunia kedokteran, tentunya kita faham bahwa pada masa lalu begitu minim atau terbatasnya dunia medis, begitu juga dengan penyakit penyakit baru yang saat ini di jumpai pada saat masa lalu tidak pernah atau bahkan mungkin belum di temukan karena tekhnologi yang tidak mendukung.

Kita semua berharap satu hal saja semoga kemajuan tekhnologi di bidang medis ini dapat terkontrol sehingga keseimbangan serta keselarasan dalam hidup tetap terjaga. (wallahua`lam).

  1. C.    Kesempurnaan Keseluruhan

Karena keterbatasan waktu maka yang terakhir Saya langsung simpulkan, kelak kemungkinan juga akan datang suatu masa kesempurnaan secara keseluruhan, dimana kesejahteraan hidup manusia telah mencapai pada batas tertentu hingga semua orang di dunia ini tidak ada lagi yang miskin, sehingga begitu sulit bagi kita untuk beramal untuk menolong orang yang tidak mampu. Mengapa pendapat ini saya kemukakan ?.. apakah saya hanya berangan angan tanpa alasan ? . . atau saya baru bermimpi lalu kemudian menuliskan nya ? . baiklah saya akan menjawabnya satu persatu, memang saya kadang kadang bermimpi sesuatu yang aneh pada masa masa tertentu baik yang meliputi masa lalu maupun masa yang saya juga tidak pernah tahu kapan dan apakah memang akan terjadi. Namun yang pasti saya juga bukan seorang pemimpi yang percaya pada mimpi mimpi yang hinggap pada saat saya terlelap. Bisa saja mimpi tersebut saya alami karena pada saat sadar saya berfikir keras mengenai sesuatu yang sedang saya fikirkan sehingga ketika saya terlelap, fikiran yang belum tuntas tersebut menyelinap begitu saja dalam fikiran bawah sadar dan menarik saya pada sebuah dimensi alam mimpi. Ok ok sekarang kita stop berbicara masalah mimpi, mari kita kembali fokus pada topik utama kita.

Pelan pelan dengan merangkak setapak demi setapak dunia ini sesungguhnya sedang berproses dan terus berproses tiada henti hingga suatu saat akan datang suatu kehancuran besar, yang bisa kita sebut dengan kiamat ataupun akhir dari dunia ini. ( Pembahasan Kiamat  saya ulas pada artikel yang lain). Baiklah, coba anda lihat keadaan saat ini dengan masa lalu, kemudian jawab pertanyaan yang anda ajukan dalam perenungan anda, Apakah keadaan saat ini lebih terbelakang dari maa lalu ?, silahkan anda analisa dan simpulkan sendiri. Saya yakin kemungkinan pendapat anda sama dengan saya, yakni keadaan dunia saat ini pasti lebih maju dari masa lalu nya. Bukan kah hal ini juga berpengaruh pada kesejahteraan manusia dengan segala karya cipta dan daya nya, dan bukankah hal ini akan terus berproses menuju kesempurnaan taraf hidup semua manusia yang ada di dunia yang fana ini.

Dan selanjutnya lihat saja kondisi fisik manusia saat ini, baik dari mulai raut wajah, struktur fisik, dan secara keseluruhan semua nya telah berubah dan terus berubah, kalau anda  kurang yakin silahkan saja buka arsip arsip dokuemntasi masa lalu, kemudian bandingkan dengan dokumentasi saat ini, bukankah semua nya berubah ?. lalu apa yang mempengaruhi hal tersebut ?. banyak hal yang mempengarui perubahan fisik manusia dari masa ke masa, di antaranya adalah ; sosial budaya, Faktor makanan, Pola hidup, Tekhnologi, Ilmu pengetahuan dan semua hal yang terserap semasa hidup sehingga secara tidak langsung manusia secara fisik telah berevolusi secara terus menerus. Dari semua faktor yang mempengaruhi tersebut tentunya juga secara alami manusia dan taraf hidup yang ia miliki akan berbading lurus atau sepaling tidak nya mencoba untuk terus mengimbangi nya. Dan hal tersebut akan terjadi secara terus menerus hingga beberapa genarsi shingga suatu saat akan terciptalah suatu kesempurnaan dalam tatanan hidup secara fisik dan bebas secara financial. Dimana seorang manusia satu dengan yang lain sudah tidak memerlukan bantuan finnancial lagi, karena masing masing telah memiiki kekayaan yang akan sulit untuk di habiskan. (Wallauha`lam )

  1. D.    Terakhir

Entah bagaimana cereitanya ketika semua kesempurnaan telah tercapai di dunia ini ?.. tentu sebuah kesempurnaan akan juga akan memiliki masa . maka masa selanjutnya setelah semua kesemprnaan tercapai tibalah saat nya nanti masa Kehancuran, masa ini di pengaruhi beberapa faktor penting diantaranya adalah ; sulit/habisnya sumber alam yang ada sehingga manusia saling memperebutkan nya, maka pertumbahan darah atau pembantaian akan menjadi pemandangan yang sudah biasa. Tidak seimbang nya antara alam dan kehidupan, hal ini akan mengakibatkan banyak sekali bencana baik berupa Bencana Alam, ataupun Penyakit baru yang sulit di temukan obatnya. Atau bisa juga hama binatang binatang tertentu yang dapat menyerang kehidupan manusia atau kehidupan hewan lain nya.

Yang pasti saya tidak bisa menggambarkan secara gamblang mengenai beagaimana carut marutnya keadaan dunia ini pada masa yang akan datang.di sadari atau tidak dan di rasa atau tidak sebenarnya apa yang saya katakan tersebut sat ini telah mulai terjadi, itu pun jika anda mau sedikit sejenak merenungi keadaan yang ada. (wallahua`lam ).  (Miftahul Huda/ M. H. 21/09/2013)

 

PSK & BIBIT PSK : Jangan salahkan mereka, karena mereka adalah korban…!


PSK & BIBIT PSK :Jangan salahkan mereka, karena mereka adalah korban…!

(Goresan Kisah Nyata 7 Tahun Silam, Dari Pojok café Remang Remang di Rangge Sentap)

tampak-belakang (1)

“ Dari pade aku di pakai tapi ndak di bayar, bagos gak tentu sekali aku gini bang”.  Dengan logat melayu kental Sambil menatap lepas seolah tanpa beban ke arah saya dan menyapu sekeliling café di kompleks Rangge sentap ketapang 7 Tahun Silam. “ Cocor di makan Dolah Hancor hancorlah ”. sekali lagi itulah celetukan dari seorang gadis cantik yang saat itu ia masih bersekolah di SMPN * Ketapang. Malam itu adalah malam kesekian kali perjumpaan saya dengan wanita istimewa yang dari satu sisi ia menjalani Tugas belajarnya sebagai anak bangsa, namun di sisi yang lain ia menjalani profesi Gelap yang terkadang banyak orang mencemooh tanpa mau tau sebab musabab dan kenapa ia harus begitu. Saya memang kebetulan hobi mempelajari dan mencari tau sisi lain dari kehidupan yang ada, termasuk salah satunya kehidupan Remaja masa kini.

Baik kembali lagi pada kisah dramatis dari seorang gadis di atas. Ia adalah objek riset kecil kecilan saya yang kesekian kali namun bagi saya cukup menarik karena memiliki kisah yang unik dan lebih kompleks dari pada yang lain, dan hal tersebut betul betul nyata, Baik dari Kisahnya, Tokohnya, juga Penderitaanya yang juga sangat NYATA, Namun ia selalu bisa membalutnya dengan senyuman dan sapaan yang lembut. Kenyataan ini cukup membuat hati saya pilu, sedih dan rasanya sangat menyayangkan dan banyak lagi rasa yang tak bisa saya tulis saat ini, walaupun sudah 7 tahun berlalu namun kisahnya cukup membekas. Terlebih lebih ketika saya cross cek dari mulai pihak keluarga hingga teman temannya bahkan mantan pacar semuanya Matching akan kisahnya yang sebenarnya penuh dengan penderitaan Bathin.

Baik akan sedikit saya ceritakan kisahnya di sini guna untuk mengambil hikmah bagi kita semua, khususnya para kawula muda/i masa kini. Sebut saja nama gadis Cantik berambut lurus bermata agak sipit tersebut bernama Evi ( Namanya saya samarkan untuk menjaga Privasinya), ia memang berasal dari keluarga yang tidak mampu (miskin), Ibunya bekerja sebagai pembantu di Rumah Makan, Sedangkan Ayahnya seorang pengangguran karena PHK dari perusahaan ternama di ketapang yang bangkrut. Penghasilan dari sang ibu hanya cukup untuk makan, sehingga ayahnya memutuskan untuk pergi merantau ke negeri seberang hingga bertahun tahun tak kembali, bahkan hingga Evi terjerumus pada pergaulan yang tak terkendali. Semenjak kepergian ayahnya Evi pelan pelan mulai berubah, saat itu ia baru menginjak kelas 1 SMP. Mula mula ia sering pulang telat waktu terkadang pulang sore bahkan pulang Malam hari. Rupa rupanya saat itu ia sudah mulai berpacaran dengan kaka kelasnya, dimana ketika pulang sekolah ia dan pacarnya berjalan kesana kemari. Singkat cerita ia menuturkan bahwa dengan pacarnya tersebut pertama kali ia berhubungan intim dan melepaskan ke suciannya.

Celakanya hubungan yang ia jalani dengan pacarnya tersebut hanya berlangsung 3 Bulan. Entah bagaimana suasana perasaan evi pada saat itu, saya tak bisa menggambarkan, dimana ada usia yang snagat dini ia telah melepaskan kesuciannya pada lelaki yang seharusnya menjadi pelindung dan kelak bisa bertanggung jawab, namun malah meninggalkannya begtu saja hanya dengan kata “putus”, sementara mahkota Cintanya telah ia rampas, Tapi ya itulah konsekwensi Cinta Monyet atau pacaran usia dini, sebab pada masa usia sedini itu naluri kedewasaan masih belum terbentuk, fikirannya masih pendek, naluri yang dominan hanya Naluri NAFSU SEKSUAL belaka. Setelah kejadian tersebut EVI merasa semuanya sudah terjadi dan semuanya sudah terlanjur, kini timbul permasalahn baru dalam dirinya, ia sudah terlanjur mengenal Seks, di tambah lagi pembinaan dan pengawasan yang kurang, sehingga ia tidak memiliki Rem, arah maupun tujuan, Sekolahnya mulai ogah ogahan, konsentrasi belajar menurun, Psikisnya labil, sehingga ia akhirnya kembali terjebak dengan pacaran, dan tak ayal lagi ia melakukan kembali hubungan Intim, kemduian Putus lagi pacaran, lalu nyambung lagi dan melakukan lagi, entah hingga berapa kali ia gonta ganti pacar. Pacarnya bukan hanya anak SMP namun juga ada yang SMA bahkan ada juga yang oknum keamanan. Yang membuat saya miris adalah ia pernah melakukan aborsi karena tidak memakai Pil KB.

Satu tahun lebih berlalu, kini ia menginjak kelas 3 SMP. Akhirnya pada suatu saat Evi di ajak membantu bekerja dengan temannya  yang memang sebelumnya sudah bekerja di salah satu café di rangge sentap, pada mulanya evi hanya membantu melayani tamu dengan memberi suguhan Bir/sejenisnya  lalu kembali ke ke kasir. Namun kemudian ia jadi terfikir untuk melayani sambil menemani tamu duduk duduk dan ngobrol esana kemari. Dari sinilah kembali Ia berfikir untuk mengkomersilkan dirinya, Toh Evi memang Cantik, ia ibarat magnet yang mampu menyedot serpihan besi dari berbagai penjuru, Nyatanya banyak tamu yang ingin pelayanannya. Di Depan mata saya sendiri para tamu yang tidak dapat terlayani oleh evi terlihat semburat kekecewaan, maka tak jarang demi keadilan evi mendatangi para tamu dari satu meja ke meja yang lain secara bergantian dengan temannya yang lain. Saat itu Saya hanya bisa melihat, sambil mencoba menyelami apa yang saat itu di rasakan oleh Evi dan para tamu café.

Untuk dapat berkmunikasi dengan evi tidaklah sulit, karena ia adalah tipe orang yang terbuka dan ramah, saya hanya butuh waktu 3 kali bertemu sudah akrab dengannya bahkan pertemuan ke empat kalianya saya sudah dapat bertemu langsung dengan orang tuanya, pada hari hari berikutnya saya coba gali dan pelajari apa yang sebenarnya terjadi dengan Evi dari sang ibundanya. Berjam jam saya bicara dengan ibunya, awalnya bicara biasa biasa namun lama kelamaan sang ibunya terbuka dan menceritakan keluh kesahnya mengenai Evi yang rupanya adalah anak semata wayangnya, masih terbayang jelas di benak saya bagaimana raut wajah ibu evi manakala menceritakan prihal anaknya, bahkan tanpa di sadari air matanya menetes, dan saya pun turut sedih namun tak dapat berkata apa apa. Di akhir cerita ia berpesan dengan saya agar dapat menjadi penuntun dan pelindung, (di maknai tersirat saya di minta menjadi suaminya), saya terkejut dengan pernyataan ibu Evi bukannya ia tidak tau jika saya sudah beristri saat itu, mungkin saking buntunya perasaan sang ibu sehingga ia mengatakan demikian. Namun saya sudah terlanjur berjanji di dalam hati bahwa Evi yang saya lihat adalah adik saya, saya tidak bisa mencintainya, lagian saya juga sudah punya isteri dan sampai saat ini saya juga belum punya niat mau Beristri dua. Kemudian dengan pelan saya menjelaskan dan menyatakan kepada ibu evi bahwa saya tetqap akan membina dan mengawasi selayaknya kaka sendiri meskipun waktu saya tidak bisa penuh memberi perhatian padanya, namun saya tetap nyatakan dengan tersirat juga bahwa saya juga tidak bisa berpoligami.

Seiring dengan berjalannya waktu, pelan namun pasti saya selalu melakukan pendekatan persuasif guna memberikan pemahaman dengan Evi yg sudah saya anggap bagian dari keluarga saya mengenai masa depan dan tetek bengek yang lain, apalgi saat itu ia sudah lulus SMP namun tak melanjutkan ke SMA karena biaya, sudah tidak ada solusi lain lagi menurt saya kecuali ia menikah, pelan pelan saya memberikan pemahaman tersebut kepadanya dan alhamdulialh ia mau menikah asalkan dengan Pria yang bertanggung jawab, tidak peduli apapun rupa dan statusnya, saya sangat senang dengan pernyataan evi tersebut meskipun di sisi lain ia masih bekerja di café, itu adalah hak dia untuk mencari hidup meskipun menurut orang itu tidak baik, toh saya, atau anda  juga tidak bisa memberinya sesuatu untuk menggantikan pekerjaanya tersebt, mungkin sebagain kita hanya menutup mata dan menyalahkan para PSK tanpa melihat asal muasal bibitnya itu dari mana dan dari siapa.

Sampai di sini kisah ini terputus karena saya putus kontak lantaran saya saat itu sempat pindah ke Teluk Melano, dan kebetulan Evi juga sering gonta ganti nomor HP. Namun dua  tahun kemudian di tengah malam HP saya berdering ada pesan singkat masuk dari nomor baru yang berbunyi kurang lebih begini “ Bang aku Evi alhamdulilah berkat bimbingan dan perhatian abang dolok, aku sekarang udah dapat jodoh lelaki yang insyaallah bise ku andalkan, kalau dapat abang datang ye, Pas Malam Minggu Depan akad nikahnye”. Demikianlah kurang lebih bunyi sms singkat Evi, betapa bahagianya saya malam itu, walaupun tidak sampai finish saya mendampingi evi hingga ia menemukan jalannya namun merupakan suatu kebanggaan ia sudah akan membuka lembaran baru yang putih dan meninggalkan lembaran lama yang kelam. Singkat cerita saya datang dalam acara akad nikah evi yang sangat sederhana namun cukup khidmat. Tanpa sadar air mata saya menetes saat ijab Qobul di langsungkan, begitu pula Evi dan Ibunya, Akad nikah malam itu terasa sangat sakral dan membekas di benak saya. Ternyata suami evi adalah seorang duda, meski usianya terpaut cukup jauh, namun dari sorot mata dan gerak geriknya ia adalah orang yang bisa membawa dan membina evi ke arah masa depan bahtera rumah tangga yang baik bersamanya.  Amieen

Selanjutnya ia hidup normal sebagai pasangan suami istri sebagaimana orang lain, suaminya bekerja sebagai penjual keliling sedangkan ia dirumah sebagai ibu rumah tangga. Raut kebahagiaan walau dalam kesederhanaan terpancar dari wajahnya. saat ini mungkin anaknya sudah besar karena terakhir saya berjumpa dengan evi pada Tahun 2009, setelah itu tidak lagi hingga sekarang. Ini adalah kisah nyata yang di alami oleh seorang Gadis yang malang namun alhamdulilah dapat bangkit dari keterpurukan. saat itu juga masih banya evi evi lain yang belum menemukan jalan hidupnya yang masih terjebak dalam lembah hitam, dan saya yakin saat ini juga ada evi evi yang lain pada saat ini yang juga masih tenggelam dalam arus kenikmatan sesaat. Namun yang perlu kita ingat sekali lagi JANGANLAH KITA SALAHKAN MEREKA, KARENA SESUNGGUHNYA MEREKA ADALAH KORBAN exploitasi nafsu birahi yang tidak terkontrol dari para Lelaki yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah salah satu kisah dari hasil penyeleman saya 7 Tahun lalu, mari kita ambil hikmah dari kisah tersebut. Mulai saat ini mari kita letakkan hak hak wanita sesuai dengan porsinya sebagai mahluk yang harus kita lindungi dan kita sayangi, jangan exploitasi mereka dengan cara apapun, jangan sakiti mereka, jangan tindas mereka apaun alasannya, mari hargai wanita dengan menjaga dan melindungi kesucian mereka, kecuali jika kita memang telah di perbolehkan dengan ikatan tanggung jawab.

( MH. 21 /09/2013).

Film Dokumenter : Langit Biru Di Tanah Bertuah


hildi cover

simpang

Jenis  Film         : D O K U M E N T E R

Estimasi Durasi     : 60 Menit

Objek Eks           : – Sejarah Terbentuknya Kabupaten Kayong Utara

– Geliat pembangunan berbagai sektor, Fisik/ Non Fisik

– Berbagai Sudut pandang dan cerita nara sumber

Syuting F.          : Camera profesional standard broadcast

Lokasi              : Kayong Utara Dan sekitarnya

H3 & MH

Tryler Dapat Di Lihat di Sini :

atau hub kami untuk dapat film fullnya ( 100 % geratissssss).

nnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  1. Uraian singkat Ide Cerita film Dokumenter

Sebuah gambaran kisah sekaligus sejarah berdirinya kabupaten kayong utara, di lanjutkan dengan masa transisi kemudian kepemerintahan di masa penjabat sementara ( Syarif Umar al – kadrie ). Pada Tahun 2007 akhirnya Kabupaten kayong utara melakukan PILKADA untuk yang pertama kali nya. Dengan perolehan …………suara pasangan Hildi Hamid Dan Ir. M. Said Tihi, akhirnya terpilih menduduki kursi Bupati dan Wakil bupati kabupaten kayong utara untuk yang pertama kali.

SPD ]

Program pendidikan dan Kesehatan gratis yang di usung oleh pasangan terpilih (Hildi Hamid Dan Ir. M. Said Tihi ), ternyata bukan hanya sekedar janji belaka. Terbukti setelah pelantikan dan peresmian, Program gratis untuk pendidikan dan kesehatan langsung di tata dan diluncurkan pada masyarakat. Pada awalnya program gratis ini serasa hampir tidak mungkin dapat di wujudkan, karena mengingat Kabupaten yang masih baru tentunya juga masih belum memiliki pendapatan tetap. Lain halnya jika sistem kepemerintahan memang sudah tertata dan devisa daerah telah mengalir sebagaimana layaknya kabupaten yang sudah lama berdiri. Namun sungguh di luar dugaan meskipun Kabupaten kayong utara adalah kabupaten termiskin sebagaimana di lansir media massa nasional, tapi nyatanya mampu menggratiskan pendidikan dan kesehatan kepada masyarakatnya. Hal tersebut tentunya juga tidak terlepas dari strategi dan siasat dalam mengatur perputaran uang daerah yang sejak awal memang masih minim.

lllllllllllllllllllllllllllll

Sebuah kebijakan yang membawa dampak positif bagi masyarakat tentunya juga melalui proses perjuangan serta pengorbanan yang panjang. Adalah hak bagi seorang pemimpin untuk menentukan ke arah mana layar akan terkembang, akan kah mengarungi badai ataukah menyelami lauta, yang pastinya semua memerlukan sebuah pengorbanan dan perjuangan. Begitu juga dengan Program pendidikan dan kesehatan gratis yang di hembuskan juga memerlukan perjuangan dan pengorbanan semua komponen yang terlibat di dalam nya. Coba sekarang kita lihat saja ; berapa banyak sekolah yang tertanggung biaya nya oleh pemerintah daerah, dan berapa banyak guru yang mengorbankan tenaga, fikiran, serta waktu untuk memberikan jam tambahan bagi para siswa/ i nya yang kekurangan fasilitas, bahkan para guru terkadang juga merasa iri dengan beberapa daerah lain yang sudah lebih maju, sehingga fasilitas serta kesejahteraan nya lebih terjamin, namun sungguhpun begitu, jauh di lubuk hati mereka menyadari bahwa; ini semua adalah sebuah proses percepatan dengan mengejar ketertinggalan yang selama ini banyak menghantui masyarakat.

fffffffffffffffffff

Di tengah tengah banyak menurunya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah karena berbagai permasalahan, ternyata Program Pendidikan Dan Kesehatan Gratis yang di hembuskan oleh pasangan H. Hildi Hamid dan M. Said Tihi, dapat membawa angin segar yang berdampak positif bagi masyarakat kabupaten kayong utara. Seiring dengan berhembusnya program Pendidikan dan kesehatan gratis tersebut pelan pelan masyarakat sadar, bahwa betapa penting arti sebuah Pendidikan dan kesehatan bagi mereka.

simpang 2

Jika di tinjau dari kekayaan alam nya Kabupaten kayong utara memiliki banyak potensi yang luar biasa, terutama potensi hasil laut dan pertanian serta perkebunan dan peternakan. Merambat pelan namun pasti seiring dengan berjalan nya waktu, satu persatu potensi yang ada mulai tumbuh dan berkembang. Dalam hal ini tentunya peran pemerintah sangat penting untuk menunjang berbagai potensi yang sedang tumbuh dan berkembang, mengingat pemerintah adalah fasilitator atau perpanjangan tangan bagi masyarakat.

fffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffff

Potensi pariwisata di kabupaten kayong utara juga begitu menjanjikan berbagai keindahan alam yang tergolong masih alami. Bahkan sebelum pemekaran, tempat rekreasi serta pariwisata sudah di kenal hingga ke luar daerah bahkan hingga manca negara. Berbagai upaya pengelolaan dan promosi telah di lakukan oleh pihak pemerintah maupun swasta, dan hingga saat ini proses tersebut masih terus berlangsung hingga batas watu yang tidak dapat di tentukan.

aaaaaaaaaaaaaaaaa

TIM TEKHNIS  PEMBUATAN FILM DOKUMENTER  

Film Dokumenter : Langit Biru Di Tanah Bertuah

 

PIMPINAN PRODUKSI

Hasanan

 SUTRADARA

Miftahul Huda

 EDITOR

Miftahul Huda

Leo Waldi

OUTLINE

Miftahul Huda

NASKAH

Hasanan

NARATOR

Eli

KAMERAMEN

Miftahul Huda

Machfoudh Ridlo

PENCATAT TRANSKRIP

Aref Aditya

REPORTER

Hasanan

SSB : Sanggar Simpang Betuah


SSB JADI

Nama Lembaga                      :  SANGGAR SIMPANG BETUAH (SSB)

Alamat                                     :  Jl. Gusti Mesir Desa Medan Jaya Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara

BENQ DIGITAL CAMERA

Pada era pendidikan dan ekonomi saat ini maupun dimasa yang akan datang, jalur pendidikan serta perekonomian merupakan tuntunan sangat  mendasar bagi masyarakat yang mengerti akan pentingnya pendidikan demi tercapainya masyarakat yang maju serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyak masyarakat yang putus sekolah, bahkan tidak mengenal akan pendidikan. Hal ini desebabkan oleh tingkat perekonomian masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan, serta tempat tinggal yang secara geografis sulit dijangkau. Hal ini kemudian disikapi oleh Pemerintah, melalui Dinas Pendidikan dengan memberikan layanan pendidikan non formal untuk masyarakat yang tergolong kurang mampu tersebut, Untuk mendukung keberhasilan pelayanan pendidikan pada jalur non formal itu, pemerintah kembali mengupayakan suatu program lain berupa kemampuan dan keahlian dibidang tertentu yang diperuntukan bagi mereka warga yang putus sekolah serta siswa/i yang akan menyelesaikan sekolah dan masyarakat pada umumnya, dengan harapan dapat mendorong serta memberi motivasi kepada masyarakat secara umum, agar mampu berkompetisi dalam bidang Seni Budaya yang dewasa ini semakin marak.

BENQ DIGITAL CAMERA

Kecamatan Simpang Hilir merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah  Kabupaten Kayong Utara Propinsi Kalimantan Barat, masih banyak mengalami ketertinggalan dalam bidang yang disebutkan diatas. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya fasilitas tersebut, juga harga yang relatif mahal menyebabkan keengganan masyarakat memiliki perangkat/peralatan secara mandiri. Terlebih untuk menggali ilmu pengoperasiannya. Padahal ditinjau dari segi kepentingannya, Seni Budaya merupakan Aset yang sangat diperlukan untuk menyimpan Nilai-nilai Budaya suatu daerah yang sangat diperlukan untuk segal hal kegiatan.

BENQ DIGITAL CAMERA

Maka dengan adanya program yang bertujuan memberi layanan peningkatan pengetahuan tentang Seni Budaya Daerah yang diperuntukan bagi peserta didik/warga belajar yang dibina oleh Sanggar Simpang Betuah (SSB) maupun masyarakat Kabupaten Kayong Utara, terutama masyarakat yang berada diwilayah yang memungkinkan untuk dijangkau. Dengan adanya Pelatihan dan Pembinaan Seni Budaya Daerah ini diharapkan dapat membantu masyarakat usia produktif lebih menguasai dan mengenal Budaya-budaya yang bernilai seni didaerahnya tersebut.

BENQ DIGITAL CAMERA

Silahkan tonton clip dan kegiatan SSB di sini :

SUSUNAN PENGURUS

SANGGAR SIMPANG BETUAH (SSB)

KECAMATAN SIMPANG HILIR

PERIODE 2010-2013

1. Pelindung/Penasehat :
  1. Muspika Simpang Hilir
  2. Kepala Desa Medan Jaya
  3. Kepala Desa Teluk Melano
  4. Kepala Desa Rantau Panjang
2. Pembina : Raden Jamhari
3. Ketua : M Reza Pratama
4. Sekretaris : Alim Ariyanto
5. Bendahara : Ria Irawanti
6. Koordinator/Anggota Koordinator
  1. Koordinator/Anggota Koordinator Seni Hadrah
  1. Koordinator/Anggota Koordinator Seni dan Tari Melayu
  1. Koordinator/Anggota Koordinator Seni Tari Zapin
  1. Koordinator/Anggota Koordinator Seni Qasidah
  1. Koordinator/Anggota Koordinator Seni Barzanji dan Syair Gulung
  1. Koordinator/Anggota Koordinator Seni Mendu (Teater Melayu)
  1. Koordinator/Anggota Koordinator Seni Kerajinan Tangan
  1. Koordinator/Anggota Koordinator Seni Silat Melayu
  1. Bidang Media Dan Publikasi
::

:

:

:

:

:

:

:

  1. Ismail
  2. Sabri
  3. Mustafa
  4. Maswandi
  5. Novi Lestari
  6. Hatta Azan Rajali
  7. Hikmatul Munawarah
  1. Syaifulah
  2. Zulkarnaen
  3. Raden Jamahari
  1. Yuriansyah
  2. Muhammad Reza Pratama
  3. Raden Bambang Hermanto
  4. Rusmadi
  5. Miftahul Huda
  6. Yusroni

Ditetapkan di                   : Teluk Melano

Tanggal                            : 21 Oktober 2012

Mengetahui

Pembina sanggar Simpang Betuah

 

 

Raden Jamahari

Film Fiksi : EVOLUSI SEKOLAH BUANGAN


Film Fiksi : EVOLUSI SEKOLAH BUANGAN.

Sejarah Desa Sungai Paduan Kecamatan Teluk Batang


v

SEJARAH DESA SUNGAI PADUAN

Di Gunung Cabang Air Mati Pada masa itu sudah ada masyarakat yang bercocok tanam di gunung cabang air mati termasuklah Seorang Pendatang yang bernama Derasib dan istri bernama  Dangi, mereka menetap di Gunung Cabang Air mati untuk beberapa lama. Disana beliau bercocok tanam dan berkebun seperti Durian, Duku, Langsat, Manggis dan rambutan. Beliau bersama istrinya pertama kali datang ke gunung cabang air mati menggunakan jalur darat padahal pada masa itu lebih mudah menggunakan jalur air daripada harus menggunakan jalur darat. Pada saat itu beliau takut menggunakan jalur air, Beliau beralasan bahwa di Kuala Sungai Teluk Laut airnya bewarna kehijau-hijauan dan gemerlap apabila dilihat pada malam hari dan beriak-riak pada siang hari apabila airnya disentuh dengan dayung. Beliau sangat penasaran terhadap terjadinya hal ini, beliau pernah melihat pada  malam hari airnya gemerlap dan mengeluarkan warna kehijau-hijauan dan pada siang hari airnya mengeluarkan riak-riak apabila airnya disentuh dengan dayung.

Setelah sekian lama menetap di gunung cabang air mati, beliau mendapatkan seorang anak yang diberi nama Coy, sehingga beliau memberi nama gunung cabang air mati yang sudah lama digunakan untuk bercocok tanam diberi dengan nama anaknya gunung Coy sehingga sampai saat ini lebih dikenal dengan nama gunung pak coy.

Masa itu beliau dipercayai oleh Kolonial Belanda dan beliau diberi Gelar CONCO atau lebih dikenal dengan ……………………………..dan masyarakatpun sudah mulai ramai tinggal disana.

  1. I.                   BUNTAT MAIL (Kepala Kampung yang Pertama)

Buntat Mail merupakan seorang pendatang yang menetap sekian lama, beliau mempunyai dua orang teman yang bernama Raden Ibrahim dan Nasir yang merupakan masyarakat sekitarnya, beliau juga mengetahui tentang cerita-cerita masyarakat tentang adanya sinar gemerlap di kuala sungai teluk laut. Atas rasa penasaran ini, Buntat Mail mengajak kedua orang temannya yakni Raden Brahim dan Nasir Berembuk untuk menjawab rasa penasaranya terhadap apa yang terjadi di kuala sungai Teluk Laut. Hasil perundingan ini mereka bertiga sepakat untuk membuat jaring atau jala, setelah mereka mempersiapkan segala kebutuhan untuk membuat jaring maka mereka saling membantu untuk menyelesaikan jaring tersebut. Setelah semuanya selesai dan jaringnya pun telah siap untuk difungsikan maka berangkatlah mereka ke kuala sungai Teluk Laut menggunakan perahu sampan, setibanya disana mereka mengibarkan jaring tersebut dan setelah mereka menaikan jaring ternyata yang mereka dapat adalah ikan Runjing, mereka puas dengan hasil tangkapan yang mereka dapat hari itu. Setelah mereka pulang kerumah maka mereka menyimpulkan bahwa penyebab air yang gemerlap pada malam hari dan beriak-riak pada siang hari adalah ikan tersebut.

Setelah sekian lama mereka menggunakan jaring tersebut dan mendapatkan hasil yang memuaskan, maka buntat mail membawa hasil tangkapannya ke Teluk Kupang (saat ini bernama Pangkalan Pak Haji Bakrie) untuk dikeringkan dan dijadikan ikan asin, disana buntat mail membuat gudang untuk menyimpan ikan asin hasil tangkapannya dan beliau juga menetap disana. Hasil tangkapannya dibawa oleh buntat mail ke Pontianak dan Muara Kubu untuk diperdagangkan. Sedangkan temannya Brahim dan Nasir pergi pindah ke Hulu sungai dan menetap sekian lama (sekarang bernama Sungai Brahim dan Cabang Nasir). Oleh kedua teman, Raden Brahim dan Nasir sependapat untuk mengankat Buntat Mail Menjadi Kepala Kampung. Setelah mengutarakan pendapatnya kepada buntat mail dan buntat mailpun tidak keberatan untuk menerimanya maka nama buntat mail diajukanlah Kepada Raja saat itu yang dipimpin oleh Raja Gusti Panji untuk dijadikan Kepala Kampung dan dengan baik Raja Gusti Panji menyetujuinya. Setelah ditetapkannya Buntat Mail sebagai Kepala Kampung yang Pertama di Sungai Teluk Laut, kedua temannya mengusulkan agar nama Sungai Teluk Laut diganti dengan Nama Sungai Paduan. Karena mereka beralasan bahwa pada saat mereka membuat jaring (jala) bahkan sampai menangkap ikan  di Kuala sungai Teluk laut mereka saling membantu dan bersatu padu membuat jaring untuk  mejawab misteri yang terjadi di sungai teluk laut dan menyelesaikan  jaring tersebut hingga selesai. Bahkan sampai menangkap ikanpun mereka saling membantu, dari alasan mereka saling bersatu padu inilah mereka mengganti nama Sungai Teluk Laut menjadi Sungai Paduan dan alasan ini diterima baik oleh Buntat Mail. Pada masa itu buntat mail menjabat Kepala Kampung selama kurang lebih 40 Tahun, setelah Beliau Meninggal dunia maka jabatan kepala kampung dilanjutkan oleh Kek Long Mat Jahar.

Pada Masa kepemimpinan Kek Long Mat Jahar sebagai Kepala Kampung, ada keluarga suku dayak yang masuk ke Sungai Paduan yang bernama Gajing. Hari-harinya gajing dipanggil masyarakat dengan sebutan pak Gundam karna nama anak pak Gajing ada yang bernama Gundam. Pada saat disungai paduan, pak gundam menetap di Teluk yang berada di Sungai paduan sehingga Teluk tersebut diberi nama Teluk Pak Gundan / Gundam. Kek Long Mat Jahar menjabat Sebagai Kepala Kampung Kurang lebih 20 Tahun, setelah Beliau meninggal dunia maka jabatannya dilanjutkan oleh kepala Kampung Baru yang Bernama  Pak Usu Guding. Masa jabatan Pak Usu Guding kurang lebih 25 Tahun, setelah Pak Usu Guding Meninggal Dunia maka jabatan Kepala Kampung dilanjutkan oleh Kepala Kampung Baru yang bernama TUNE. Beliau diberi kepercayaan oleh colonial belanda untuk menjaga Tali Phone, pada masa jabatan beliau banyak terjadi masalah termasuk Korupsi sehingga beliau tidak dipercayai oleh masyarakat, maka jabatan kepala kampung diambil alih oleh Pak Ano Kuntang. Beliau merupakan orang kepercayaan Raja Gusti Rum, pada masa jabatan beliaulah terjadi perkembangan yang signifikan terhadap agama, beliau sangat memperhatikan sarana ibadah dan membangun masjid yang lebih baik dari masjid-masjid sebelumnya dan masjid tersebut diberi nama  MASJID ATTAQWA  dan nama masjid attaqwa masih digunakan sampai sekarang. Pada masa itu terjadi perselisihan pendapat tentang agama islam antara Pak Ano Kuntang dengan Pak Haji Maharek. Setelah kejadian tersebut, pak haji maharek membangun masjid sendiri sehingga di sungai paduan saat itu terdapat 2 buah masjid, dengan tidak bergabungnya pak haji maharek di masjid attaqwa untuk melakukan ibadah berjama’ah maka pak ano kuntang merasa tidak nyaman terhadap masyarakat sehingga beliau memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai kepala kampung. Setelah pak ano kuntang mundur maka posisi Kepala kampung dijabat oleh anaknya sendiri yang bernama Pak Along Nawi, namun pak along nawi menjabat hanya kurang lebih 2 tahun saja setelah itu jabatan kepala kampung diserahkan Pak long Nawi sang anak kepada Pak Ano Kuntang sang ayah. Pada masa jabatan yang kedua inilah pak ano kuntang mengangkat Pak usu Bunsu atau lebih Lengkapnya Hamim, B sebagai Sekretaris (Sekdes) untuk membantu administrasi Desa Sungai Paduan saat itu. Hamim, B. merupakan keponakan dari Pak Ano Kuntang, setelah mendekati masa akhir jabatannya sebagai kepala kampung desa sungai paduan maka beliau berpendapat bahwa kepala kampung selanjutnya yang akan melanjutkan jabatannya harus dipilih oleh masyarakat langsung melalui pemilihan. Pendapat beliau disambut baik oleh banyak kalangan masyarakat desa sungai paduan saat itu, setelah Panitia Pemilihan dibentuk dan dipersiapkan untuk pemilihan kepala kampung yang melanjutkan jabatan dari kepala kampung sebelumnya yaitu pak ano kuntang. maka panitia memulai menerima pencalonan kepala kampung.

Pada saat itu yang ikut mencalonkan diri sebagai kepala kampung adalah ;

  1. 1.      CIK MONTEL
  2. 2.     ABANG JERAP
  3. 3.     AYIM dan
  4. 4.      HAMIM, B

Setelah pemilihan berlangsung aman, tertib dan lancar maka perhitungan suara dimulai, hasil perhitungan suara yang memperoleh suara tertinggi pertama adalah HAMIM, B. selanjutnya suara tertinggi kedua adalah AYIM, disusul suara tertinggi ketiga CIK MONTEL dan suara tertinggi keempat adalah ABANG JERAP. Hasil keputusan Panitia Pemilihan maka ditetapkanlah suara tertinggi Pertama yaitu HAMIM, B. sebagai kepala kampung untuk melanjutkan Pemerintahan Desa Sungai Paduan pada saat itu, sedangkan AYIM yang mendapatkan suara tertinggi kedua ditetapkan sebagai Kebayan (Sekdes). Setelah Ayim meninggal dunia maka diangkatlah Mat Awal (adik kandung Ayim) sebagai sekdes untuk menggantikan posisi abangnya. Hamim. B. mempunyai empat bersaudara diantaranya Nerawan, Gencane, Ba’I dan kalmiah, beliau adalah saudara yang paling bungsu. Beliau mempunyai seorang istri yang bernama Nok Ramlah, dari perkawinannya beliau dikarunia sembilan orang anak diantaranya M. Syaini, Abdurahman, Zainudin Vandio,  Jumrawati, Sudiarti,  Junaidi,  Jailani, Porni Harianto dan Adi Susanto.

Pada saat kepemimpinan Hamim, B. sudah ada empat Dusun yaitu Dusun Sinar Barat dipimpin oleh Abdul Wahab, Dusun Sinar Selatan dipimpin oleh Mat Deli Bin Ibrahim, Dusun Sinar Utara dipimpin oleh Aliyas dan Dusun Sinar Timur dipimpin oleh Pak Yak Derani. Masa jabatan Hamim, B. pada saat itu Kurang lebih 35 Tahun, pada saat itu beliau sudah sakit-sakitan sehingga beliau menyarankan agar diadakan pemilihan untuk menggantikan jabatannya sebagai Kepala Desa. Melihat kondisi kesehatan beliau semakin parah sehingga Agenda-agenda Pemerintahan Desa yang seharusnya beliau hadiri tak bisa dihadiri. Berdasarkan apa yang disarankan oleh beliau  maka diadakanlah rapat pembentukan Panitia Pemlihan Kepala Desa,  dari hasil rapat maka Zailani terpilih sebagai ketua Panitia Pemilihan. Setelah panitia terbentuk maka Proses Pencalonan Kepala Desa dimulai, pada Tahun 1993 yang mendaftarkan diri untuk ikut pencalonan adalah :

  1. 1.       SAHPERI
  2. 2.       ZAINUDIN VANDIO dan
  3. 3.       A. MUKNI, HD

Setelah Proses pencalonan selesai, maka proses pemilihan dimulai dengan berlangsung aman, tertib dan lancer. Hasil pemilihan pada tahun 1993 yang memperoleh suara tertinggi adalah Zainudin Vandio, teringgi kedua disusul oleh A, Mukni, HD. dan suara tertinggi ketiga adalah Sahperi. Dari hasil rapat panitia pemilihan maka ditetapkanlah Zainudin Vandio untuk dilantik oleh Bupati Ketapang yang dipimpin oleh Drs.Sunardi Basnu sebagai kepala desa melanjutkan masa kepemimpinan bapaknya, Hamim, B.

Film cuplikannya dapat di lihat di sini  :

SUNGAI PADUAN DALAM ANGKA

  1. A.      LUAS WILAYAH

NO

NAMA DUSUN

LUAS WILAYAH

(Km)

JUMLAH RT

JUMLAH RW

1.

DUSUN SINAR SELATAN

31 Km

4 RT

1 RW

2.

DUSUN SINAR UTARA

28 Km

3 RT

1 RW

3.

DUSUN SINAR BARAT

17 Km

4 RT

1 RW

4.

DUSUN SINAR TIMUR

84 Km

3 RT

1 RW

5.

JUMLAH

160 Km

14 RT

 

  1. B.      APARATUR DESA 2011

No

NAMA APARATUR

Tempat  Tanggal  Lahir

Pendidikan

ABATAN

Nomor SK  &  Tanggal

01

M. SYAINI Sungai Paduan, 22 Okt  1950

SLTP

KADES

134 Tanggal 9 juli 2008

02

SEKDES

03

ARAHMAN Sungai Paduan, 04 April 1960

SD

KAUR-UMUM

04 Tanggal 31 Maret 2000

04

DANDAN Sungai Paduan, 25 Maret 1955

SD

KAUR-PEM

04 Tanggal 31 Maret 2000

05

RACHMAD Sungai Paduan, 24 Feb 1955

SD

KAUR-BANG

04 Tanggal 31 Maret 2000

06

AHMAD JAINI Sungai Paduan, 5 Oktober 1970

SLTP

KAUR TRANTIB

07

FERY KABRI

SLTA

KAUR KESOS

08

MUSTAFA Sungai Paduan, 15 Mei 1954

SD

Kadus Sinar Selatan

05 Tanggal 8 Juni 2006

09

SAIDUL HAMZAH Sungai Paduan, 1 Januari 1951

SD

Kadus Sinar Barat

05 Tanggal 8 Juni 2006

10

ARDIANSYAH Banjarmasin, 12 Maret 1964

SD

Kadus Sinar Utara

4 Tanggal 25 Juni 2009

11

SUHERMAN Ngabang, 20 Maret 1960

SD

Kadus Sinar Timur

12

JAINOL ABIDIN

SD

Ketua RT 01

13

BOLHASAN

SD

Ketua RT 02

14

SYAFRI

SD

Ketua RT 03

15

SYAHRUDIN Sungai Paduan, 5 Juni 1962

SD

Ketua RT 04

16

JAILANI

SD

Ketua RT 05

17

JUANA KAMAN

SD

Ketua RT 06

18

ERDI YUSUF

SD

Ketua RT 07

19

ABD. SAMAD

SD

Ketua RT 08

20

ASNEN

SD

Ketua RT 09

21

NIJAN Jawa Timur, 1 Januari 1950

SD

Ketua RT 10

22

SYABARUDIN Pulau Kumbang, 26 Agustus 1972

SD

Ketua RT 11

23

AGUS APRIYANTO Sambas, 17 Agustus 1976

SLTA

Ketua RT 12

25

SYAMRIANTO

SD

Ketua RT 13

26

SUDIRMAN. Sungai Paduan, 30 Mei 1959

SD

Ketua RT 14

27

SUDIRMAN. U

SD

Ketua RW  I

28

ABU THALIB

SD

Ketua RW  II

29

A . MUGNI. HD

SMEP

Ketua RW  III

30

ASNI

SD

Ketua RW  IV

31

SARIF SURYA Ketapang, 30 September 1985

S-1

Pendamping Desa

%d blogger menyukai ini: