Membaca Peta Politik Kayong Utara 2013


Tak lama lagi pesta demokrasi akan sampai gilirannya pada kabupaten kita pada tahun depan antara bulan Maret hingga Juni, demikianlah Informasi sementara yang saya dapatkan. Menurut berbagai pengamatan pada PILKADA tahun depan KKU akan banyak terjadi kejutan luar biasa yang mungkin tidak kita duga sebelumnya, hal ini telah tampak dari semangat dari sebagian besar masyarakat Kabupaten kayong utara yang menghendaki perubahan akan tatanan pemerintah yang saat ini di pandang masih belum memuaskan, adil dan merata bagi semua lapisan. Kita sama sama berharap semoga saja niat baik masyarakat kayong utara akan perubahan benar benar terwujud.

Secara pribadi saya juga memperhatikan perkembangan yang ada, lebih spesifik saya akan ajak saudara saudara berfikir mengenai Peta Politik Bakal Calon Bupati Kayong utara Tahun 2013. ada beberapa BALON memang yang namanya telah mencuat di permukaan masyarakat Di antaranya: Hildi Hamid ( Incumbent ), Jalian, S. Sos ( PNS ), Efendi Ahmad, S.Pd. I, ( Anggota DPRD), Ibrahim Dahlan ( Ketua DPRD ), Syukran, S. Ag. Msi ( Anggota Dewan). Sederetan nama tersebut untuk sementara telah mengamankan basis Politik mereka masing masing.

Yang justru menjadi terancam pada sat ini adalah Posisi H Hildi Hamid ( Incumbent), pasalnya menurut dari berbagai sumber dan pengamatan secara birokrasi kekuatan didalam tubuh mereka telah tercerai berai, hal ini terlihat jelas dari kontroversi beberapa pernyataan dari Ir. Said Tihi ( yang saat ini adalah wakil incumbent), yang intinya sudah tidak lagi sepaham denga Incumbent, bahkan menurut kabar kabar angin ia malah akan berpasangan dengan orang lain ketika Maju dalam Pilkada 2013 nanti.

Belum lagi Didalam Tubuh Birokrasi, Jalian S. Sos yang saat ini menjabat sebagai Asisten di PEMDA KKU juga akan mencalonkan diri. Dari berbagai sumber di sebutkan bahwa hampir separoh dari kalangan Pegawai di ruang lingkup PEMDA juga ikut mendukung Jalian S. Sos Maju menduduki kursi Bupati 2013 Nanti. Dari hasil pengamatan kami dilapagan kekuatan Jalian S. Sos Sendiri juga cukup mengakar di masyarakat karena pada masa masa sebelumnya ia pernah menduduki beberapa Jabatan Penting yang langsung berhubungan dengan masyarakat, di tambah lagi dengan sosoknya yang low profile dan ramah juga menjadi penilaian tersendiri di hati masayarakat.

Ibrahim Dahlan ketua DPRD KKU, dengan mesin politiknya yang menjadi pemenang pemilu khusus di KKU, juga tidak bisa di anggap remeh megingat massa GOLKAR pada tahun 2009 adalah massa nomor 1 megalahkan massa PPN yang nota bene pada saat itu adalah partai putra daerah yang di prakarsai oleh OSO ( Usman sapta Odang).

Kemudian tak kalah mencengangkan juga bahwa dukungan juga mengalir kepada Effendi Ahmad, S. Pd. I, yang namnya juga mencuat menjadi Bakal Calon Bupati. diam diam ternyata di berbagai wilayah di KKU khususnya basis Teluk Batang, Ia juga mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat, di tambah lagi dengan jiwa Agamis  dan kesederhanaannya yang tentu juga memiliki nilai Plus di hati masyarakat, Bahkan menurut kabar burung pasangannya Adalah Abdulrahman yang juga sebagai Anggoda Dewan memilki basis kuat di Pulau Maya karimata dan sekitarnya juga patut di perhitungkan.

Dengan Semangat Baru yang di usung Oleh Syukran, S. Ag. Msi juga anggota dewan yang rencana juga mencalonkan diri menjadi bakal calon bupati kayong utara. Tak di ragukan ia juga memiliki tempat tersendiri di masyarakat khususnya kalangan pemikir dan intelektual yang cukup berpengaruh dalam penggalangan massa.
Pada kesimpulannya jelas posisi incumbent pada peta Politik saat ini terkepung dari berbagai arah, karena suara masyarakat kayong utara mengerucut pada satu pilihan yaitu melakukan perubahan dari kondisi saat ini. Maka atas dasar Perubahan tersebut  mereka telah siap mendukung para BALON untuk menggantikan posisi Incumbent. OK kita lihat saja nanti bagaimana kelanjutannya. Apakah memang masyarakat benar benar ingin perubahan tersebut ?. …. Kita nantikan jawabannya pada 2013 nanti.

By : Drs. Adi J  20/08/2012

 

 

 

 

 

 

About wartakayong

Media Resmi Seputar Kayong web: www.wartakayong.com jika ingin Mengcopy Berita, Konten & Tulisan Di sini Silahkan Izin ke kami, atau menyertakan sumber berita. email : wartakayong@gmail.com/ Hp 085246595000

Posted on 25 Agustus 2012, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: